Peran Tutor dalam Proses Pembelajaran dengan Metode Berorientasi pada Tutee (Bermain, Diskusi, Ceramah)
Journal of Educational Chemistry (JEC)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peran Tutor dalam Proses Pembelajaran dengan Metode Berorientasi pada Tutee (Bermain, Diskusi, Ceramah)
|
|
Creator |
Purba, Friska Juliana
Sinaga, Kelly Sitinjak, Debora S Tahya, Candra Y Karnelasatri, Karnelasatri |
|
Subject |
—
bimbingan belajar; dumpit; tutor — |
|
Description |
Melihat kondisi anak-anak di wilayah Pos Dumpit ditemukan kondisi anak-anak yang seharusnya sudah berada di level yang tinggi akan tetapi secara kemampuan masih berada di level yang rendah. Hal ini disebabkan karena keterbatasan perekonomian keluarga dimana mata pencaharian keluarga itu sebagian besar buruh serabutan, kuli cuci piring, dan pemulung. Untuk itu bimbingan belajar Pos Dumpit dengan menghadirkan tutor yang sudah diperlengkapi secara pedagogis dan ilmu pengetahuan didirikan dan bertujuan untuk: Meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan menghitung pada anak-anak dengan cara memberikan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan pada anak TK dan SD; Membantu anak-anak dalam memahami pelajaran yang sulit di sekolah; Membantu anak-anak dalam menanamkan sikap berjuang melalui belajar yang giat; Membantu anak-anak dalam meningkatkan kemampuan berpikir dan perubahan tingkah laku ke arah yang lebih baik. Metode yang digunakan yaitu bermain, diskusi, dan ceramah, akan tetapi disesuaikan dengan kebutuhan dari tutee dan tingkatan. Dengan metode tersebut, tutee semakin termotivasi dan keinginan belajar mereka semakin meningkat dilihat dari antusiasme dalam belajar maupun jumlah kehadiran semakin bertambah.
|
|
Publisher |
Chemistry Education Department
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-06-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jec/article/view/5728
10.21580/jec.2020.2.1.5728 |
|
Source |
Journal of Educational Chemistry (JEC); Vol 2, No 1 (2020); 9-17
2685-4880 2715-3029 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jec/article/view/5728/pdf
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Journal of Educational Chemistry (JEC)
http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|