Record Details

Peran Tutor dalam Proses Pembelajaran dengan Metode Berorientasi pada Tutee (Bermain, Diskusi, Ceramah)

Journal of Educational Chemistry (JEC)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peran Tutor dalam Proses Pembelajaran dengan Metode Berorientasi pada Tutee (Bermain, Diskusi, Ceramah)
 
Creator Purba, Friska Juliana
Sinaga, Kelly
Sitinjak, Debora S
Tahya, Candra Y
Karnelasatri, Karnelasatri
 
Subject
bimbingan belajar; dumpit; tutor

 
Description Melihat kondisi anak-anak di wilayah Pos Dumpit ditemukan kondisi anak-anak yang seharusnya sudah berada di level yang tinggi akan tetapi secara kemampuan masih berada di level yang rendah. Hal ini disebabkan karena keterbatasan perekonomian keluarga dimana mata pencaharian keluarga itu sebagian besar buruh serabutan, kuli cuci piring, dan pemulung. Untuk itu bimbingan belajar Pos Dumpit dengan menghadirkan tutor yang sudah diperlengkapi secara pedagogis dan ilmu pengetahuan didirikan dan bertujuan untuk: Meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan menghitung pada anak-anak dengan cara memberikan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan pada anak TK dan SD; Membantu anak-anak dalam memahami pelajaran yang sulit di sekolah; Membantu anak-anak dalam menanamkan sikap berjuang melalui belajar yang giat; Membantu anak-anak dalam meningkatkan kemampuan berpikir dan perubahan tingkah laku ke arah yang lebih baik. Metode yang digunakan yaitu bermain, diskusi, dan ceramah, akan tetapi disesuaikan dengan kebutuhan dari tutee dan tingkatan. Dengan metode tersebut, tutee semakin termotivasi dan keinginan belajar mereka semakin meningkat dilihat dari antusiasme dalam belajar maupun jumlah kehadiran semakin bertambah.
 
Publisher Chemistry Education Department
 
Contributor
 
Date 2020-06-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article

 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jec/article/view/5728
10.21580/jec.2020.2.1.5728
 
Source Journal of Educational Chemistry (JEC); Vol 2, No 1 (2020); 9-17
2685-4880
2715-3029
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jec/article/view/5728/pdf
 
Rights Copyright (c) 2020 Journal of Educational Chemistry (JEC)
http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0