Konsep Tabayyun menurut Buya HAMKA dan Implementasinya pada Praktikum Kimia di Rumah (Studi Kasus Berita Hoaks COVID-19)
Journal of Educational Chemistry (JEC)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Konsep Tabayyun menurut Buya HAMKA dan Implementasinya pada Praktikum Kimia di Rumah (Studi Kasus Berita Hoaks COVID-19)
|
|
Creator |
Prastyo, Budiman
Ashari, Muhammad Akmal Marhan, Marhan |
|
Subject |
Pendidikan Kimia
covid-19; hamka; hoaks; praktikum kimia; tabayyun Integrating islamic value in chemistry education |
|
Description |
Berita hoaks di Indonesia jumlahnya relatif banyak. Sejumlah 850 hoaks oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dari Januari-Juni 2020. Di samping itu, riset mengenai COVID-19 di dunia ini relatif banyak. Hal ini dinilai telah terjadi kesenjangan informasi mengenai riset COVID-19, sehingga munculnya berita hoaks. Penelitian bertujuan untuk mengetahui makna tabayyun menurut Buya Hamka menurut QS. Al-Hujurat [49]: 6, kemudian diimplementasikan melalui praktikum kimia guna mengklarifikasi adanya berita hoaks. Metode dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Sumber primer yang digunakan yaitu tafsir Al-Azhar, sedangkan sumber sekunder didapatkan dari buku, majalah dan artikel jurnal yang menunjang penelitian. Dari hasil penelusuran terhadap penafsiran Hamka dan responnya sebagai sikap tabayyun, didapatkan langkah implementasi praktikum kimia, yaitu: (1) Tahapan penerimaan berita; (2) Tahapan pelaksanaan praktikum dan (3) Tahapan tanggapan dan evaluasi.
|
|
Publisher |
Chemistry Education Department
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-09-24
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article Deskriptif |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jec/article/view/6321
10.21580/jec.2020.2.2.6321 |
|
Source |
Journal of Educational Chemistry (JEC); Vol 2, No 2 (2020); 83-96
2685-4880 2715-3029 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jec/article/view/6321/pdf
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Journal of Educational Chemistry (JEC)
http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|