Record Details

Penerapan Model Blended Learning untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Termokimia Siswa

Journal of Educational Chemistry (JEC)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Model Blended Learning untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Termokimia Siswa
 
Creator Subagiyo, Sidiq
 
Subject
blended learning; pemahaman konsep; termokimia

 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model blended learning untuk meningkatkan pemahaman konsep termokimia pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experimental dengan Randomized Posttest Only Control Design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Lasem. Data penelitian yang diambil berupa pemahaman konsep siswa melalui hasil belajar kognitif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara dan observasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis uji t-test related (Independent-Sample T-Test) dari hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil dan analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan model blended learning efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep termokimia siswa. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai evaluasi pemahaman konsep termokimia kelas eksperimen sebesar 77,3 dan kelas kontrol sebesar 69,7 dan pada pengujian juga didapatkan hasil yaitu thitung = -4,672 dan ttabel = -2,037 (α = 5%) sehingga thitung ttabel.
 
Publisher Chemistry Education Department
 
Contributor
 
Date 2019-07-08
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article

 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jec/article/view/3830
10.21580/jec.2019.1.1.3830
 
Source Journal of Educational Chemistry (JEC); Vol 1, No 1 (2019); 1-8
2685-4880
2715-3029
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jec/article/view/3830/2193
 
Rights Copyright (c) 2019 Journal of Educational Chemistry (JEC)
http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0