Efektivitas Penggunaan Multimedia Pembelajaran berbasis Multi Level Representasi (MLR) untuk meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Koloid Kelas XI MAN Kendal
Journal of Educational Chemistry (JEC)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Efektivitas Penggunaan Multimedia Pembelajaran berbasis Multi Level Representasi (MLR) untuk meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Koloid Kelas XI MAN Kendal
|
|
Creator |
Dwi Astuti, Indah
Mulyatun, Mulyatun |
|
Subject |
—
media pembelajaran, multi level representasi (MLR), hasil belajar, sistem koloid — |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan pembelajaran multimedia berbasis MLR pada materi sistem koloid. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan bentuk Pretest-posstest Control Group Design dengan pengambilan sampel dalam kelompok cluster random sampling. Nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh dari kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 74,85 dengan persentase ketuntasan 71% dan 65,97 dengan persentase ketuntasan 33%. Berdasarkan hasil uji t-test pada = 5% dan dk = 56 diperoleh thitung ttabel = 4,475 2,003, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol. Selanjutnya dari hasil analisis sisi kanan, diperoleh thitung ttabel = 4,475 1,672 dengan dk = 57 dan pada = 5%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia menggunakan multimedia berbasis pembelajaran MLR pada materi koloid efektif diterapkan pada pembelajaran kimia, dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA di MAN Kendal.
|
|
Publisher |
Chemistry Education Department
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-12-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article Quantity |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jec/article/view/4357
10.21580/jec.2019.1.2.4357 |
|
Source |
Journal of Educational Chemistry (JEC); Vol 1, No 2 (2019); 82-91
2685-4880 2715-3029 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jec/article/view/4357/2331
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Journal of Educational Chemistry (JEC)
http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|