Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif
Journal of Educational Chemistry (JEC)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif
|
|
Creator |
Rikawati, Kezia
Sitinjak, Debora |
|
Subject |
—
ceramah interaktif; disiplin belajar; interaksi; keaktifan — |
|
Description |
Karakter siswa yang selfcentered dan serba instan mempengaruhi disiplin belajar dan respon mereka selama pembelajaran. Siswa menjadi tidak aktif dan tujuan pembelajaran belum bisa tercapai dengan efektif. Maka dari itu, guru mengupayakan metode yang meningkatkan keaktifan siswa agar siswa dapat memahami pembelajaran. Metode tersebut adalah metode ceramah interaktif yang di dalamnya terdapat kombinasi dari metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, artikel ini bertujuan untuk mengkaji tentang penggunaan metode ceramah interaktif sebagai upaya untuk meningkatkan keaktifan siswa. Pemaparan metode ceramah interaktif dapat memberikan gambaran tentang bagaimana tahap-tahap dalam metode ini dan interaksi yang terjadi di dalamnya dapat memenuhi indikator keaktifan belajar berupa semangat mengikuti pembelajaran, berani bertanya, berani menjawab pertanyaan, dan berani mempresentasikan hasil belajar siswa di depan kelas melalui interaksi yang ada. Penggunaan metode ceramah interaktif efektif digunakan sebagai alternatif solusi untuk masalah keaktifan siswa dan mendukung pencapaian tujuan pembelajaran.
|
|
Publisher |
Chemistry Education Department
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-09-24
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jec/article/view/6059
10.21580/jec.2020.2.2.6059 |
|
Source |
Journal of Educational Chemistry (JEC); Vol 2, No 2 (2020); 40-48
2685-4880 2715-3029 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jec/article/view/6059/pdf
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Journal of Educational Chemistry (JEC)
http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|