Record Details

Identifikasi Chemophobia dan faktor yang mempengaruhi Persepsi pada Mahasiswa

Journal of Educational Chemistry (JEC)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Identifikasi Chemophobia dan faktor yang mempengaruhi Persepsi pada Mahasiswa
 
Creator Herlina, Nina
Pratiwi, Resi
Mulyanti, Sri
 
Subject Education, chemical education
chemopobia; identifikasi chemophobia; kecemasan kimia
It contains several student in sains on Java and Aceh university
 
Description “Chemophobia” atau kecemasan kimia diyakini menjadi salah satu penyebab sedikitnya minat siswa terhadap jurusan kimia. Siswa juga kurang optimal dalam memahami pelajaran kimia. Siswa memandang kimia sebagai sesuatu yang negatif yang disebabkan oleh persepsi dan informasi yang mengenai kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi eksistensi Chemophobia  di kalangan mahasiswa serta faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan persepsi tersebut. Identifikasi dilakukan terhadap 60 mahasiswa jurusan sains dari beberapa universitas di Jawa dan Aceh menggunakan kuisioner googleform. Analisis dilakukan dengan tiga tahapan; penerimaan stimulus, pengelolaan stimulus, dan pembentukan persepsi. Berdasarkan hasil identifikasi didapatkan 55% responden  tidak  mengalami chemophobia sedangkan 45% responden mengalami chemophobia. Hal ini menunjukkan bahwa 45% responden memiliki ketakutan terhadap bahan kimia. Analisi pembentukan persepsi menunjukkan sebanyak 87% respoden mengaatakan bahan kimia berdampak positif. Hasil analiss faktor pembentukan persepsi dapat disimpulkan bahwa faktor internal memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan dengan faktor eksternal dalam pembentukan persepsi tentang kimia jumlah yang mengalami Chemophobia  sedikit.
 
Publisher Chemistry Education Department
 
Contributor Resi Pratiwi lecturer of islamic state of Walisongo university Semarang, Chemical education departemen
 
Date 2020-09-24
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
descriptive research with a qualitative approach
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jec/article/view/6318
10.21580/jec.2020.2.2.6318
 
Source Journal of Educational Chemistry (JEC); Vol 2, No 2 (2020); 73-82
2685-4880
2715-3029
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jec/article/view/6318/pdf
 
Rights Copyright (c) 2020 Journal of Educational Chemistry (JEC)
http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0