Peningkatan Hasil Belajar dan Keaktifan Belajar Kimia melalui Model Pembelajaran Disco Winshop
Journal of Educational Chemistry (JEC)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatan Hasil Belajar dan Keaktifan Belajar Kimia melalui Model Pembelajaran Disco Winshop
|
|
Creator |
Lestari, Sri
|
|
Subject |
—
model pembelajaran disco winshop, hasil belajar, keaktifan, ikatan kimia — |
|
Description |
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Disco Winshop terhadap peningkatan hasil belajar dan keaktifan peserta didik kelas X MIPA 2 pada materi Ikatan Kimia di SMA Negeri 1 Pamotan. Penelitian ini dilakukan pada 2 siklus, tiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek Penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Pamotan yang berjumlah 35 orang yang terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 23 peserta didik perempuan. Analisis data menggunakan Teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan keaktifan peserta didik pada materi ikatan kimia. Pada siklus I diperoleh skor rata-rata hasil belajar 64, ketuntasan klasikal 57%, dan aktivitas peserta didik 81,71%. Pada siklus II diperoleh skor rata-rata hasil belajar 85, ketuntasan klasikal 74%, dan aktivitas peserta didik 91,33%.
|
|
Publisher |
Chemistry Education Department
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-12-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jec/article/view/4557
10.21580/jec.2019.1.2.4557 |
|
Source |
Journal of Educational Chemistry (JEC); Vol 1, No 2 (2019); 118-125
2685-4880 2715-3029 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jec/article/view/4557/2334
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Journal of Educational Chemistry (JEC)
http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|