Record Details

Pengembangan Modul Kimia terintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) dan PBL (Problem-Based Learning)

Journal of Educational Chemistry (JEC)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengembangan Modul Kimia terintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) dan PBL (Problem-Based Learning)
 
Creator Oktaviani, Ari
Anom, K
Lesmini, Betty
 
Subject
kewirausahaan; modul; penelitian pengembangan; STEM-PBL

 
Description Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan modul pembelajaran terintegrasi STEM-PBL “Topik Jenis Media Tanam Untuk Pertumbuhan Tanaman Selada Secara Hidroponik” yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Tahap evaluasi menggunakan evaluasi formatif Tessmer yang meliputi self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan  field test. Hasil tahap expert review didapat skor rata-rata kevalidan sebesar 0,90 skala Aiken dengan kategori tinggi. Hasil uji kepraktisan didapatkan skor rata-rata pada tahap one-to-one sebesar 0,93 dan pada tahap small group sebesar 0,90 skala Aiken dengan kategori tinggi (praktis). Hasil uji field test didapatkan nilai N-Gain sebesar 0,75 dengan kategori tinggi (efektif). Berdasarkan hasil evaluasi tersebut menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Disarankan modul ini dapat dijadikan salah satu alternatif bahan ajar pada mata kuliah kewirausahaan.
 
Publisher Chemistry Education Department
 
Contributor
 
Date 2020-09-24
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article

 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jec/article/view/6279
10.21580/jec.2020.2.2.6279
 
Source Journal of Educational Chemistry (JEC); Vol 2, No 2 (2020); 64-72
2685-4880
2715-3029
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jec/article/view/6279/pdf_1
 
Rights Copyright (c) 2020 Journal of Educational Chemistry (JEC)
http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0