Record Details

Pemanfaatan Jurnal Refleksi sebagai Penuntun Siswa dalam Menemukan Makna pada Mata Pelajaran Kimia

Journal of Educational Chemistry (JEC)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pemanfaatan Jurnal Refleksi sebagai Penuntun Siswa dalam Menemukan Makna pada Mata Pelajaran Kimia
 
Creator Kainde, Elisabeth Wulan
Tahya, Candra Yulius
 
Subject Sains
kimia; pembelajaran bermakna; refleksi
Kimia
 
Description Proses penemuan makna terjadi ketika siswa mampu mengkonstruk suatu konsep utuh sehingga dapat melahirkan tindakan dan tanggung jawab. Program Pengenalan Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di salah satu sekolah di Jakarta terfokus pada penyelesaian materi menunjukkkan respon berbeda-beda seperti sikap antusias dan tidak antusias. Kajian ini akan membahas pertanyaan tentang mengapa dan bagaimana jurnal refleksi dapat menjadi penuntun siswa dalam menemukan makna pada mata pelajaran Kimia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi literatur. Sumber data utama pada penelitian ini digunakan berbagai jurnal dan buku sedangkan sumber data tambahan berupa hasil refleksi guru saat mengajar serta hasil refleksi siswa saat belajar. Berdasarkan pembahasan, diperoleh bahwa jurnal refleksi dapat digunakan sebagai alat untuk mengaitkan pengetahuan awal dan pengetahuan baru menjadi satu konsep signifikan yang melahirkan respon bertanggung jawab. Jurnal refleksi ini penting untuk diterapkan karena dapat menjadi sarana bagi guru untuk menciptakan ruang berpikir yang melampaui materi pembelajaran dengan pemahaman dan respon yang benar.
 
Publisher Chemistry Education Department
 
Contributor
 
Date 2020-09-24
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
Studi Literatur
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jec/article/view/6076
10.21580/jec.2020.2.2.6076
 
Source Journal of Educational Chemistry (JEC); Vol 2, No 2 (2020); 49-56
2685-4880
2715-3029
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jec/article/view/6076/pdf
 
Rights Copyright (c) 2020 Journal of Educational Chemistry (JEC)
http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0