Record Details

Pemanfaatan Digital Marketing Dan E-Commerce Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Wak Jamil

Among : Jurnal Pengabdian Masyarakat

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pemanfaatan Digital Marketing Dan E-Commerce Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Wak Jamil
 
Creator Purnamasari, Wulan
Puspitarani, Kirey Dian
 
Subject digital marketing; peningkatan; produksi; umkm; e-commerce
 
Description Tujuan dari program pengabdian dan masyarakat ini ialah untuk membantu mitra UMKM dalam mengatasi permasalahan mitra untuk meningkatkan penjualan dengan menggunakan strategi pemasaran. Keterbatasan mitra dalam menggunakan social media dalam memasarkan produk, menjadi salah satu penghambat dan menurunnya penjualan produk jamur crispy Wak Jamil. Dengan adanya solusi yang ditawarkan oleh tim pengabdian masyarakat, harpaannya nanti dapat meningkatkan penjualan dan memperluas pangsa pasar Wak Jamil. Mitra   Digital marketing adalah jenis pemasaran yang dicari oleh para pelaku usaha saat ini. Pemasaran digital memungkinkan pelaku usaha untuk menjual produknya ke luar kota, negara bagian, bahkan negara. UKM Sidoarjo memproduksi makanan ringan dan produk makanan berbahan dasar jamur. Salah satu UMKM yang berjalan lancar dengan Sidoarjo adalah UMKM Wak Jamil. Di UMKM Wak Jamil ini, UMKM membuat jamur, jajanan berbahan dasar jamur crispy yang biasanya disukai oleh para remaja. Jamur crispy masih dijual dengan konvensional, door to door. Misalnya, simpan di Warung terdekat. Karena itulah KKN Grup 18 Universitas Maarif Hasyim Latief mendukung praktik pemasaran UKM.Teknik pemasaran digital marketing merupakan upaya untuk meningkatkan produksi, terutama dalam hal produk berkualitas tinggi, karena masyarakat umum lebih mengetahui produk yang dijual melalui pemasaran digital. Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan selama 1 bulan, Adapun program yang dilaksanakan adalah pemasangan banner pada workshop Wak Jamil, pembuatan meja penggorengan, memberikan pembekalan kepada mitra terkait pembuatan pencatatan sederhana biaya produksi dan penjualan, selain itu mengoperasikan dan memanfaatkan media social dalam proses promosi produk serta pendampingan dalam pembuatan desain produk terbaru kepada mitra.
 
Publisher Universitas Maarif Hasyim Latif
 
Contributor Universitas Maarif Hasyim Latif
 
Date 2021-12-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/among/article/view/1559
 
Source Among : Jurnal Pengabdian Masyarakat; Vol 3, No 2 (2021): Jurnal Among Pengabdian Masyarakat; 32-37
2622-7738
2622-5328
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/among/article/view/1559/925
 
Rights Copyright (c) 2021 Among : Jurnal Pengabdian Masyarakat