Record Details

Efikasi Diri Siswa dengan Tanda Gejala Psikosis Awal dalam Mencari Bantuan Melalui Usaha Kesehatan Sekolah Jiwa

JI-KES (Jurnal Ilmu Kesehatan)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Efikasi Diri Siswa dengan Tanda Gejala Psikosis Awal dalam Mencari Bantuan Melalui Usaha Kesehatan Sekolah Jiwa
 
Creator Alfianto, Ahmad Guntur
Safitri, Ayu
 
Description AbstrakUsaha Kesehatan Sekolah Jiwa (UKSJ) merupakan suatu layanan kesehatan jiwa berbasis sekolah. Program UKSJ terdiri dari pengkajian terjadi tanda gejala gangguan jiwa, pendidikan kesehatan dan yang terakhir empowerment. Tujuan dari UKSJ iyalah meningkatkan pengetahuan dan perilaku siswa tentang gangguan jiwa. TujuanMenganalisis pengaruh UKSJ terhadap efikasi diri dalam mencari bantuan tanda gejala psikosis awal. Metode Penelitiananalisis eksperimen dengan pendekatan quasi experiment dan tekhnik total sampling pada siswa SMK di Bantur dengan menggunakan kuesioner General self efficacy (GSE). Hasilanalisis uji t berpasangan menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna pada kelompok intervensi nilai (p=0.000) dan tidak ada perbedaan yang bermakna pada kelompok control (pedidikan kesehatan dengan leaflet) dengan nilai (p=0.805).Kesimpulan Terdapat pengaruh Usaha Kesehatan Sekolah Jiwa (UKSJ) terhadap efikasi diri remaja dalam mencari bantuan tanda gejala psikosis awal dan tidak terdapat penegaruh pada kelompok kontrol.Kata Kunci :Usaha Kesehatan Sekolah Jiwa, pengetahuan, mencari bantuan, tanda gejala psikosis awal.  AbstractSchool Mental Health (SMH) is a school-based mental health service. The School Mental Health program consists of assessing mental symptoms, health education and empowerment at the school. The purpose of SMH is to improve students' knowledge and behavior about mental disorders. The purpose of the study is to analyze the effect of SMH on Self efficacy in help seeking for adolescents with the symptoms of early psychosis. Research Methods is:  Analytical experiments with a quasi-experimental approach and sample techniques by using total sampling at 108 the students of Vocational High Schools (SMK) in Bantur Malang. The instruments using General Self Efficacy (GSE). The results of paired T test analysis showed an influence on the intervention group (School Mental Health) value (p = 0.000) and no influence on the control group (leaflet health education) with a value (p = 0, 805). Conclusion:  There is an effect of School Mental Health on Self efficacy in help seeking in adolescents with early psychosis symptoms of and there is no effect on the control group.    Keywords : School Mental Health, self efficacy, help seeking, early psychosis symptoms
 
Publisher STIKes Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Probolinggo
 
Contributor
 
Date 2019-11-04
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojshafshawaty.ac.id/index.php/jikes/article/view/123
10.33006/ji-kes.v3i1.123
 
Source JI-KES (Jurnal Ilmu Kesehatan); Vol 3, No 1 (2019): JI-KES (Jurnal Ilmu Kesehatan); 7-11
2579-7913
10.33006/ji-kes.v3i1
 
Language eng
 
Relation https://ojshafshawaty.ac.id/index.php/jikes/article/view/123/63
 
Rights Copyright (c) 2019 JI-KES (Jurnal Ilmu Kesehatan)
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0