Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an di Desa Sumber Pancur Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri dengan menerapkan Metode Tilawati
Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an di Desa Sumber Pancur Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri dengan menerapkan Metode Tilawati
|
|
Creator |
Riyani, Adina
|
|
Description |
Taman Pendidikan al-Qur’an(TPQ) adalah lembaga pendidikan nonformal yang menjadi tumpuan orang tua dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca dan memahami al-Qur’an bagi anak-anak. Sama halnya seperti lembaga pendidikan formal, Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) juga harus terjamin kualitasnya. Salah satu hal yang disepelekan dalam pembelajaran di Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) yaitu proses pembelajaran yang dilakukan dan metode yang digunakan dalam pembelajaran tersebut dapat mempengaruhi minat anak-anak untuk belajar al-Qur’an. Maka dari itu, dalam rangka meningkatkan minat dan daya tarik belajar anak-anak di Desa Sumber Pancur Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri dalam belajar al-Qur’an, saya dibantu guru mengaji daerah tersebut mengembangkan Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) Falahul Ummam dengan mengembangkan metode tilawati sebagai cara untuk meningkatkan minat dan daya tarik belajar al-Qur’an. Metode Tilawati adalah salah satu inovasi dari metode dalam belajar al-Qur’an. Ciri khasnya yaitu menggunakan lagu rost dan menggunakan pendekatan individual dengan baca simak. Kata Kunci: Metode Tilawati, belajar al-Qur'an, Pembelajaran. |
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNWAHA
|
|
Date |
2021-09-02
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/1938
|
|
Source |
Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat; Vol 2 No 2 (2021): Agustus; 84-88
2774-7921 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/1938/748
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Adina Riyani
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|