Record Details

Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an di Desa Sumber Pancur Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri dengan menerapkan Metode Tilawati

Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an di Desa Sumber Pancur Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri dengan menerapkan Metode Tilawati
 
Creator Riyani, Adina
 
Description Taman Pendidikan al-Qur’an(TPQ) adalah lembaga pendidikan nonformal yang menjadi tumpuan orang tua dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca dan memahami al-Qur’an bagi anak-anak. Sama halnya seperti lembaga pendidikan formal, Taman  Pendidikan al-Qur’an (TPQ) juga harus terjamin kualitasnya. Salah satu hal yang disepelekan dalam pembelajaran di Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ)  yaitu proses pembelajaran yang dilakukan dan metode yang digunakan dalam pembelajaran tersebut dapat mempengaruhi minat anak-anak untuk belajar al-Qur’an. Maka dari itu, dalam rangka meningkatkan minat dan daya tarik belajar anak-anak di Desa Sumber Pancur Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri dalam belajar al-Qur’an, saya dibantu guru mengaji daerah tersebut mengembangkan Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) Falahul Ummam dengan mengembangkan metode tilawati sebagai cara untuk meningkatkan minat dan daya tarik belajar al-Qur’an. Metode Tilawati adalah salah satu inovasi dari metode dalam belajar al-Qur’an. Ciri khasnya yaitu menggunakan lagu rost dan menggunakan pendekatan individual dengan baca simak.
 
Kata Kunci: Metode Tilawati, belajar al-Qur'an, Pembelajaran.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNWAHA
 
Date 2021-09-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/1938
 
Source Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat; Vol 2 No 2 (2021): Agustus; 84-88
2774-7921
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/1938/748
 
Rights Copyright (c) 2021 Adina Riyani
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0