Kegiatan Montase Sebagai Upaya Mengembangkan Motorik Halus di Kelompok Bermain
Child Education Journal
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Kegiatan Montase Sebagai Upaya Mengembangkan Motorik Halus di Kelompok Bermain
|
|
Creator |
Karela, Yesi
Iswantiningtyas, Veny Kurniawati, Epritha |
|
Subject |
Montase
Motorik Halus Anak Kelompok Bermain |
|
Description |
ABSTRAK : Motorik halus merupakan kemampuan yang perlu dikembangkan pada anak usia dini. Di sisi lain, permainan montase memiliki daya tarik untuk dimasukkan kedalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji implementasi kegiatan montase dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subyeknya anak kelompok bermain PKK Pamongan II Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri pada semester II tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 18 anak didik yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 11 anak laki-laki. Untuk menggumpulkan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi dan observasi. Penelitian ini masih sampai pada tahap perencanaan yaitu menyusun RPPM, RPPH, lembar penilaian motorik halus. Semua perangkat tersebut sudah divalidasi oleh ahli dan dinyatakan layak digunakan untuk mengembangkan motorik halus. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah untuk menggunakan rangcangan kegiatan montase ini sebagai sebuah rancangan untuk penelitian eksperimen. ABSTRACT : Fine motor skills are abilities that need to be developed in early childhood. On the other hand, montage games have an attraction to be included in the learning process. The purpose of this study was to examine the implementation of montage activities in developing fine motor skills in early childhood. This research method uses classroom action research with the subjects of the PKK Pamongan II playgroup, Mojo District, Kediri Regency in the second semester of the 2019/2020 academic year, totaling 18 students consisting of 7 girls and 11 boys. To collect data in this study using documentation and observation. This research is still at the planning stage, namely compiling RPPM, RPPH, fine motor assessment sheets. All of these tools have been validated by experts and declared fit for use to develop fine motor skills. The recommendation for experimental research. |
|
Publisher |
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
|
|
Date |
2020-08-27
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal2.unusa.ac.id/index.php/CEJ/article/view/1648
10.33086/cej.v2i2.1648 |
|
Source |
Child Education Journal; Vol. 2 No. 2 (2020): Pengembangan pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini; 92-97
Jurnal Pendidikan Anak; Vol 2 No 2 (2020): Pengembangan pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini; 92-97 2685-1903 2685-189X 10.33086/cej.v2i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal2.unusa.ac.id/index.php/CEJ/article/view/1648/1146
|
|
Rights |
Copyright (c) 1970 yesi karela
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|