PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN ORGAN DALAM TUBUH MANUSIA BERBASIS ANDROID
Ubiquitous: Computers and its Applications Journal
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN ORGAN DALAM TUBUH MANUSIA BERBASIS ANDROID
|
|
Creator |
Muksin, Ahmad
Farkhan, M. |
|
Subject |
augmented reality; blender; vuforia; unity; android; marker; organ dalam tubuh manusia
|
|
Description |
Augmented Reality merupakan penggabungan benda-benda nyata dan maya di lingkungan sekitar. Penggabungan benda nyata dan maya dimungkinkan dengan teknologi tampilan yang sesuai, interaktivitas dimungkinkan melalui perangkat-perangkat input tertentu, dan integrasi yang baik memerlukan penjejakan yang efektif. Materi yang disajikan berupa pengenalan organtubuh manusia. Pembuatan aplikasi menggunakan teknologi Augmented Reality ini akan diterapkan pada smartphone berbasis Android dan didesain untuk pembelajaran pada kalangan pelajar. Dalam aplikasi ini terdapat objek organ dalam trubuh manusia berbentuk 3D yang dibuat menggunakan aplikasi Blender,dengan Unity sebagai game engine dan viforia sebagai library. Cara penggunaan adalah dengan mengarakan kamera smartphone ke marker yang telah tersedia. Kemudian dilayar smartphone akan muncul objek 3D organ dalam tubuh manusia beserta penjelasannya. Pembuatan aplikasi ini dapat membantu meningkatkan pemahaman bagi para pelajar dalam pengenalan organ tubuh manusia menggunakan aplikasi Augmented Reality yang berbasis Android.Augmented Reality merupakan penggabungan benda-benda nyata dan maya di lingkungan sekitar. Penggabungan benda nyata dan maya dimungkinkan dengan teknologi tampilan yang sesuai, interaktivitas dimungkinkan melalui perangkat-perangkat input tertentu, dan integrasi yang baik memerlukan penjejakan yang efektif. Materi yang disajikan berupa pengenalan organ tubuh manusia. Pembuatan aplikasi menggunakan teknologi Augmented Reality ini akan diterapkan pada smartphone berbasis Android dan didesain untuk pembelajaran pada kalangan pelajar. Dalam aplikasi ini terdapat objek organ dalam trubuh manusia berbentuk 3D yang dibuat menggunakan aplikasi Blender,dengan Unity sebagai game engine dan viforia sebagai library. Cara penggunaan adalah dengan mengarakan kamera smartphone ke marker yang telah tersedia. Kemudian dilayar smartphone akan muncul objek 3D organ dalam tubuh manusia beserta penjelasannya. Pembuatan aplikasi ini dapat membantu meningkatkan pemahaman bagi para pelajar dalam pengenalan organ tubuh manusia menggunakan aplikasi Augmented Reality yang berbasis Android.
|
|
Publisher |
LPPM
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-12-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Identifier |
https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/ubiquitous/article/view/1641
10.51804/ucaiaj.v4i2.%p |
|
Source |
Ubiquitous: Computers and its Applications Journal; Vol 4, No 2 (2021): Desember 2021
2622-7983 2622-7746 |
|
Language |
en
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Ubiquitous: Computers and its Applications Journal
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|