Record Details

PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN ORGAN DALAM TUBUH MANUSIA BERBASIS ANDROID

Ubiquitous: Computers and its Applications Journal

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN ORGAN DALAM TUBUH MANUSIA BERBASIS ANDROID
 
Creator Muksin, Ahmad
Farkhan, M.
 
Subject augmented reality; blender; vuforia; unity; android; marker; organ dalam tubuh manusia
 
Description Augmented Reality merupakan penggabungan benda-benda nyata dan maya di lingkungan sekitar. Penggabungan benda nyata dan maya dimungkinkan dengan teknologi tampilan yang sesuai, interaktivitas dimungkinkan melalui perangkat-perangkat input tertentu, dan integrasi yang baik memerlukan penjejakan yang efektif. Materi yang disajikan berupa pengenalan organtubuh manusia. Pembuatan aplikasi menggunakan teknologi Augmented Reality ini akan diterapkan pada smartphone berbasis Android dan didesain untuk pembelajaran pada kalangan pelajar. Dalam aplikasi ini terdapat objek organ dalam trubuh manusia berbentuk 3D yang dibuat menggunakan aplikasi Blender,dengan Unity sebagai game engine dan viforia sebagai library. Cara penggunaan adalah dengan mengarakan kamera smartphone ke marker yang telah tersedia. Kemudian dilayar smartphone akan muncul objek 3D organ dalam tubuh manusia beserta penjelasannya. Pembuatan aplikasi ini dapat membantu  meningkatkan pemahaman bagi para pelajar dalam pengenalan organ tubuh manusia menggunakan aplikasi Augmented Reality  yang berbasis Android.Augmented Reality merupakan penggabungan benda-benda nyata dan maya di lingkungan sekitar. Penggabungan benda nyata dan maya dimungkinkan dengan teknologi tampilan yang sesuai, interaktivitas dimungkinkan melalui perangkat-perangkat input tertentu, dan integrasi yang baik memerlukan penjejakan yang efektif. Materi yang disajikan berupa pengenalan organ tubuh manusia. Pembuatan aplikasi menggunakan teknologi Augmented Reality ini akan diterapkan pada smartphone berbasis Android dan didesain untuk pembelajaran pada kalangan pelajar. Dalam aplikasi ini terdapat objek organ dalam trubuh manusia berbentuk 3D yang dibuat menggunakan aplikasi Blender,dengan Unity sebagai game engine dan viforia sebagai library. Cara penggunaan adalah dengan mengarakan kamera smartphone ke marker yang telah tersedia. Kemudian dilayar smartphone akan muncul objek 3D organ dalam tubuh manusia beserta penjelasannya. Pembuatan aplikasi ini dapat membantu  meningkatkan pemahaman bagi para pelajar dalam pengenalan organ tubuh manusia menggunakan aplikasi Augmented Reality  yang berbasis Android.
 
Publisher LPPM
 
Contributor
 
Date 2021-12-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Identifier https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/ubiquitous/article/view/1641
10.51804/ucaiaj.v4i2.%p
 
Source Ubiquitous: Computers and its Applications Journal; Vol 4, No 2 (2021): Desember 2021
2622-7983
2622-7746
 
Language en
 
Rights Copyright (c) 2022 Ubiquitous: Computers and its Applications Journal
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0