Record Details

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAT AL-KAHFI AYAT 60-82 DI LINGKUNGAN PESANTREN

Islamic Academika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAT AL-KAHFI AYAT 60-82 DI LINGKUNGAN PESANTREN
 
Creator Mubarok, Mohammad Yazid
Ulum, Khoirul
 
Description terdapat dalam al qur’an, adalah kisah perjalanan antara Nabi Musa dan Khidir, yang tertuang dalam surah al Kahfi ayat 60-82. Musa berperan sebagai murid, dan Khidir berperan sebagai guru, dua komponen ini wajib dipenuhi dalam dunia pendidikan. Kisah ini mengandung beberapa hikmah tersendiri, dan jika dikaitkan dengan dunia pesantren, maka hal ini sejalan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam kisah tersebut. Setidaknya ada 20 unsur nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya, dan dua diantaranya memiliki kandungan yang sama yakni ayat 71 dengan 74, dan  ayat 72 dengan 75. Hasil penelitian ini menemukan bahwasanya model pesantren telah mengadopsi nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam surah al kahfi, salah satunya adalah berhasil memadukan antara ilmu eksternal (knowledge) dan ilmu internal (value), atau dalam bahasa surah al kahfi disebut dengan “majmul bahrain”. Seperti yang tergambar dalam sosok Khidir as sebagai sosok seorang guru yang dapat memadukan antara kecerdasan eksternal dan kecerdasan internal. Hal inilah, yang menyebabkan kenapa model pendidikan pesantren sangat cocok dengan penjelasan yang terkandung dalam surah al kahfi ayat 60-82.
 
Publisher STAI At Taqwa Bondowoso
 
Date 2019-12-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.staiattaqwa.ac.id/index.php/PAI/article/view/87
10.230303/staiattaqwa.v6i2.87
 
Source Islamic Academika; Vol 6 No 2 (2019): Jurnal Islamic Akademika; 23-40
Islamic Academika; Vol 6 No 2 (2019): Jurnal Islamic Akademika; 23-40
2354-6220
2354-6220
10.230303/staiattaqwa.v6i2
 
Language eng
 
Relation http://ejurnal.staiattaqwa.ac.id/index.php/PAI/article/view/87/78
 
Rights Copyright (c) 2019 Islamic Academika