NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAT AL-KAHFI AYAT 60-82 DI LINGKUNGAN PESANTREN
Islamic Academika
View Archive InfoField | Value | |
Title |
NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAT AL-KAHFI AYAT 60-82 DI LINGKUNGAN PESANTREN
|
|
Creator |
Mubarok, Mohammad Yazid
Ulum, Khoirul |
|
Description |
terdapat dalam al qur’an, adalah kisah perjalanan antara Nabi Musa dan Khidir, yang tertuang dalam surah al Kahfi ayat 60-82. Musa berperan sebagai murid, dan Khidir berperan sebagai guru, dua komponen ini wajib dipenuhi dalam dunia pendidikan. Kisah ini mengandung beberapa hikmah tersendiri, dan jika dikaitkan dengan dunia pesantren, maka hal ini sejalan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam kisah tersebut. Setidaknya ada 20 unsur nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya, dan dua diantaranya memiliki kandungan yang sama yakni ayat 71 dengan 74, dan ayat 72 dengan 75. Hasil penelitian ini menemukan bahwasanya model pesantren telah mengadopsi nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam surah al kahfi, salah satunya adalah berhasil memadukan antara ilmu eksternal (knowledge) dan ilmu internal (value), atau dalam bahasa surah al kahfi disebut dengan “majmul bahrain”. Seperti yang tergambar dalam sosok Khidir as sebagai sosok seorang guru yang dapat memadukan antara kecerdasan eksternal dan kecerdasan internal. Hal inilah, yang menyebabkan kenapa model pendidikan pesantren sangat cocok dengan penjelasan yang terkandung dalam surah al kahfi ayat 60-82.
|
|
Publisher |
STAI At Taqwa Bondowoso
|
|
Date |
2019-12-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejurnal.staiattaqwa.ac.id/index.php/PAI/article/view/87
10.230303/staiattaqwa.v6i2.87 |
|
Source |
Islamic Academika; Vol 6 No 2 (2019): Jurnal Islamic Akademika; 23-40
Islamic Academika; Vol 6 No 2 (2019): Jurnal Islamic Akademika; 23-40 2354-6220 2354-6220 10.230303/staiattaqwa.v6i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejurnal.staiattaqwa.ac.id/index.php/PAI/article/view/87/78
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Islamic Academika
|
|