Record Details

Hubungan Antara Kepuasan Pelayanan Pendidikan Dengan Hasil Belajar Di SDN Sukokerto 01 Bondowoso

Islamic Academika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Hubungan Antara Kepuasan Pelayanan Pendidikan Dengan Hasil Belajar Di SDN Sukokerto 01 Bondowoso
 
Creator editor, abd Wasik
 
Description Latar belakang: kepuasan siswa sangat penting dalam proses pembelajaran untuk mengetahui keadaan emosional siswa terhadap materi yang dipelajari dalam pembelajaran. Dalam pelayanan pembelajaran yang di peroleh siswa sangat berpengaruh pada hasil belajar. Untuk meningkatkan kepuasan layanan pembelajaran perlu memperhatikan faktor yang mempengaruhi yaitu keterampilan mengajar guru, prestasi siswa. Berdasarkan uraian diatas maka penelitian ini penting dilakukan untuk menguji kontribusi keterampilan guru, kondisi pembelajaran dan hasil belajar sebagai acuan peningkatkan kepuasan layanan pembelajaran.
Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepuasan pelayanan pembelajaran dengan hasil belajar di SDN Sukokerto 01, dengan jumlah responden 40 wali murid.
Metode: jenis penelitian ini menggunakan pengumpulan data dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup karena bertujuan untuk mengetahui  hubungan antara kepuasan pelayanan pembelajaran dengan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah wali murid siswa kelas 6. Pengambilan sample pada penelitian ini dilakukan secara random sampling. Responden dalam penelitian ini sebanyak 40 wali murid. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Korelasi Kendal Tau  atau yang dibantu dengan SPSS.
Hasil: Hasil analisis pada kasus ini terlihat bahwa koefisien korelasi adalah -,022 dengan signifikansi 0,832, karena signifikansi <0,832 maka Ho ditolak, berarti Ha diterima artinya ada hubungan yang signifikansi antara Kepuasan dengan Hasil Belajar.
 
Publisher STAI At Taqwa Bondowoso
 
Date 2018-12-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
peer-reviewed article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.staiattaqwa.ac.id/index.php/PAI/article/view/66
10.230303/staiattaqwa.v5i2.66
 
Source Islamic Academika; Vol 5 No 2 (2018): Jurnal Islamic Akademika; 51-60
Islamic Academika; Vol 5 No 2 (2018): Jurnal Islamic Akademika; 51-60
2354-6220
2354-6220
10.230303/staiattaqwa.v5i2
 
Language eng
 
Relation http://ejurnal.staiattaqwa.ac.id/index.php/PAI/article/view/66/64
 
Rights Copyright (c) 2019 Islamic Academika