Record Details

Hubungan antara Motivasi Belajar terhadap Disiplin Belajar Mahasiswa Fakultas Tarbiyah STAI At-Taqwa Bondowoso Tahun 2018

Islamic Academika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Hubungan antara Motivasi Belajar terhadap Disiplin Belajar Mahasiswa Fakultas Tarbiyah STAI At-Taqwa Bondowoso Tahun 2018
 
Creator editor, abd Wasik
 
Description Latar Belakang Masalah:
Motivasi belajar sangatlah diperlukan untuk menumbuh kembangkan semangat belajar, Semangat belajar sangat memepengaruhi hasil belajar mahasiswa.
Apabila motivasi belajar mahasiswa tinggi maka keaktifan belajar meningkat dan akan berdampak pada capaian hasil belajar yang baik, sebaliknya apabila motivasi belajar rendah maka keaktifan dan hasil belajar yang akan di capai tidak maksimal.
 
Tujuan Penelitian:
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan Disiplin belajar di fakultas tarbiyah STAI At-Taqwa Bondowoso.
Metode: penelitian ini menggunakan jenis field research (lapangan). Adapun pendekatan yang digunakan melalui pendekatan kuantitatif. Data ini diperoleh dari penyebaran kuisioner atau angket skala likert  
yang dilakukan untuk mngetahui apakah ada hubungan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar mahasiswi prodi manajemen pendidikan islam Sekolah Tinggi Agama Islam At-Taqwa Bondowoso akademik pada Mata Kuliah Manajemen Penjaminan Mutu. Berdasarkan sampel 34 mahasiswi Prodi MPI BV tahun 2019Analisis data menggunakan Uji Korelasi Kendal Tau dengan menggunakan SPSS.
Hasil: Pada kasus ini terlihat bahwa koefisien korelasi 0, 567 dengan signifikasi 0,000 karena < 0, 05, maka Ho di tolak berarti Ha di terima. Artinya ada hubungan yang signifikasi antara motifasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa.
Kesimpulan: Semakin tinggi motivasi belajar mahasiswi maka semakin tinggi pula tingkat keaktifan dan prestasi belajar dan sebaliknya semakin rendah motivasi belajar maka tingkat keaktifan dan prestasi belajar rendah pula
 
 
 
Publisher STAI At Taqwa Bondowoso
 
Date 2018-12-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
peer-reviewed article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.staiattaqwa.ac.id/index.php/PAI/article/view/43
10.230303/staiattaqwa.v5i2.43
 
Source Islamic Academika; Vol 5 No 2 (2018): Jurnal Islamic Akademika; 40-51
Islamic Academika; Vol 5 No 2 (2018): Jurnal Islamic Akademika; 40-51
2354-6220
2354-6220
10.230303/staiattaqwa.v5i2
 
Language eng
 
Relation http://ejurnal.staiattaqwa.ac.id/index.php/PAI/article/view/43/42