Hubungan IQ dengan Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Bondowoso
Islamic Academika
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Hubungan IQ dengan Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Bondowoso
|
|
Creator |
Suheri, Suheri
|
|
Description |
Latar Belakang Masalah: Dalamsekian banyak faktor yang menjadiSalah satu penunjang prestasiSiswa adalah IQ (IntelligensuQuestion). IQ yang meruapakanfaktor internal mendukungkeberhasilan belajar adalahkecerdasan. yang kita ketahuikecerdasan selaluu dikonotasikandengan tingkat kecerdasanintelektual atau yang lebih lazimdikenal IQ.Selain kecerdasanspiritual, motivasi belajar jugamerupakan komponen pentingdalam menentukan prestasi belajar.Pada dasarnya motivasi belajaradalah dorongan untuk berperilaku,yang merupakan sebuah prosespsikologis yang mencerminkansikap persepsi, kebutuhan dankeputusan yang terjadi pada diriseseorang.Pada hakikatnya prestasibelajar merupakan pencerminandari usaha belajar, yang padatujuan umumnya meningkatkanprestasi belajar setiap waktu gunamenjunjung kualitas diri secaradinamis.Tujuan Penelitian: SebagaiamanaPenelitian ini mempunyai sebuahtujuan yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruhkecerdasan IQ dan Motivasi belajar siswa terhadap prestasibelajar. Metode penelitian yang digunakan adalah denganmetode angket.Sampel yang digunakan di ambil secara randomdan berstrata berdasarkan perbandingan jumlah siswayang adadi MI Al-Falah. Dari dilaksanakannya pengujian ini terdapathasil pengujian yang menunjukkan bahwa bukti empiris yangmendukung semua hipotesis yang diajukan dengan melaluianalisis uji-T.Metode: Jenis penelitian yang kami gunakan yaitu FieldResearch, sedangkan pendekatan yang kami gunakan ialahpendekatan kuantitatif, kemudian teknik pengumpulan datanyakami menggunakan angket yang berbentuk soal untukmengukur tes IQ dan angket koesioner untuk mengetahuimotivasi belajar siswa dan jumlah responden, analisis yangkami gunakan yakni Uji T Satu Sampel ( One Sampel T-Test)yang di bantu oleh aplikasi SPSS. Yang berpopulasikan santriPP Al-falah dan menggunakan sampel santri (putra) denganjumlah responden 90.Hasil: Pada tabel output One Sampel Tes, memuat data hasilanalisis uji – t satu sampel yang mana nilai dari t hitung sebesar-88.872, bila t hitung ini dibulatkan menjadi 88.872 dengan df(Degree Of Freedom) atau derajat kebebasan = 88 (N-1),dimana t hitung ( -88.872 ), maka Ho ditolak dan Ha diterima,artinya bahwa rata – rata skor IQ siswa di MI Al-Falah Kajar-Bondowoso lebih rendah atau lebih kecil dari skor yang sudahdiperkiran yaitu 220.Kesimpulan: dalam hal ini IQ Motivasi belajar siswa jugameruapakan salah satu faktor yang mendorong semangat diridalam menyuplai sumber pengetahuan melalui penjelasan yangdisampaikan, baik daai guru, orang tua, teman bahkan melaluiinsting untuk bagaimana mendorong dan meraih prestasi gunamenunjukkan potensi diri.
|
|
Publisher |
STAI At Taqwa Bondowoso
|
|
Date |
2018-12-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion peer-reviewed article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejurnal.staiattaqwa.ac.id/index.php/PAI/article/view/40
10.230303/staiattaqwa.v5i2.40 |
|
Source |
Islamic Academika; Vol 5 No 2 (2018): Jurnal Islamic Akademika; 22-28
Islamic Academika; Vol 5 No 2 (2018): Jurnal Islamic Akademika; 22-28 2354-6220 2354-6220 10.230303/staiattaqwa.v5i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejurnal.staiattaqwa.ac.id/index.php/PAI/article/view/40/40
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Islamic Academika
|
|