Pengaruh Musik Pop Instrumen Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Fungsi Reproduksi Pria di Akademi Kebidanan Dharma Praja Bondowoso Tahun 2018
Islamic Academika
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Musik Pop Instrumen Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Fungsi Reproduksi Pria di Akademi Kebidanan Dharma Praja Bondowoso Tahun 2018
|
|
Creator |
manager, jurnal
|
|
Description |
Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Pembelajaran yang dimodifikasi pastilah memiliki nilai yang 21,21% lebih tinggi dari yang tanpa dimodifikasi, salah satunya penggunaan musik dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan memang sangat dibutuhkan dan membuat siswa menjadi lebih semangat untuk belajar. Maka dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh pemberian musik pop instrumen terhadap hasil belajar pokok bahasan fungsi organ reproduksi pria di Akbid Dharma Praja Bondowoso. Desain penelitian yang digunakan ialah Quasi Eksperimen dengan Post-Test Only Control Group Design. Populasinya adalah 42 mahasiswa, setelah menggunakan teknik simple random sampling diperoleh sampel 40 mahasiswa. Alat ukur menggunakan tes objektif. Uji yang digunakan adalah uji t dua sampel bebas. Hasil pengolahan data menunjukkan rata-rata kelas kontrol 68,8 dan rata-rata kelas eksperimen 77,7. Hasil pengujian uji t didapatkan harga tstatistik (95%) 2,021 lebih kecil t(0,95)(38) 2,247 maka berada pada daerah penolakan H0 dan penerimaan H1. Dapat disimpulkan bahwa adanya ada pengaruh pemberian musik instrumen terhadap hasil belajar terhadap hasil belajar pada pokok bahasan fungsi reproduksi pria. Pemberian musik pop instrumen pada proses pembelajaran mata kuliah fisiologi materi fungsi organ reproduksi pria lebih efektif sekitar 11,45% dibandingkan dengan proses pembelajaran tanpa diberikan musik pop instrumen. Musik dapat mempengaruhi seluruh aktifitas otak, musik dapat membantu seorang pembelajar merasa relaks, musik dapat mengaktifkan otak kanan untuk menerima informasi baru dan dapat membantu, memindahkan informasi tersebut ke dalam memori jangka panjang. Sehingga diharapkan pemberian musik dapat diterapkan dalam pembelajaran kebidanan dan dapat menjadi inspirasi bagi peneliti berikutnya untuk lebih menyempurnakan lagi penelitian ini.
|
|
Publisher |
STAI At Taqwa Bondowoso
|
|
Date |
2018-12-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejurnal.staiattaqwa.ac.id/index.php/PAI/article/view/37
10.230303/staiattaqwa.v5i2.37 |
|
Source |
Islamic Academika; Vol 5 No 2 (2018): Jurnal Islamic Akademika; 11-21
Islamic Academika; Vol 5 No 2 (2018): Jurnal Islamic Akademika; 11-21 2354-6220 2354-6220 10.230303/staiattaqwa.v5i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejurnal.staiattaqwa.ac.id/index.php/PAI/article/view/37/38
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Islamic Academika
|
|