Pengaruh Emergency Remote Learning Untuk Melihat Motivasi Belajar Anak Usia Dini
Child Education Journal
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Emergency Remote Learning Untuk Melihat Motivasi Belajar Anak Usia Dini
|
|
Creator |
Fitri, Mardi
|
|
Subject |
Motivasi
Anak Usia Dini Pendidikan Emergency Remote Learning |
|
Description |
ABSTRAK : Kepesatan perkembangan teknologi berdampak pada sitem pembelajaran termasuk pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh emergency remote learning terhadap motivasi belajar anak usia dini. Metode penelitian menggunakan penelitian kajian literatur. Berbagai literatur tentang pembelajaran daring dihimpun dalam penelitian ini. Temuan penilitian ini yaitu, pembelajaran daring sebenarnya dapat membangkitkan motivasi belajar anak dengan syarat adanya dukungan dari orangtua dan pendidik, pemanfaatan media seperti zoom dan lainnya diperlukan untuk membuat pembelajaran agar lebih menarik dan pemanfaatan teknologi belajar dalam pendidikan tidak dapat dilepaskan, maka perlu adaptasi antara orangtua, peserta didik dan pendidik dalam pembelajaran daring. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengetahuan tentang dampak pembelajaran daring terhadap motivasi belajar anak usia dini. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah agar melakukan penelitian eksperimen dan penelitian tindakan kelas untuk mengetahui dampak langsung dari pembelajaran daring. ABSTRACT : The rapidity of technological development has an impact on the learning system, including early childhood. This study aims to determine the effect of emergency remote learning on early childhood learning motivation. The research method used literature review research. Various literatures on online learning were collected in this study. The findings of this study are, first, online learning can actually arouse children's learning motivation on the condition that there is support from parents and educators. Second, the use of media such as zoom and others is needed to make learning more interesting. Third, the use of learning technology in education cannot be separated, it is necessary to adapt between parents, students and educators in online learning. The results of this study contribute to knowledge about the impact of online learning on early childhood learning motivation. The recommendation for further research is to carry out experimental research and classroom action research to determine the direct impact of online learning. |
|
Publisher |
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
|
|
Date |
2020-08-27
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal2.unusa.ac.id/index.php/CEJ/article/view/1591
10.33086/cej.v2i2.1591 |
|
Source |
Child Education Journal; Vol. 2 No. 2 (2020): Pengembangan pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini; 68-82
Jurnal Pendidikan Anak; Vol 2 No 2 (2020): Pengembangan pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini; 68-82 2685-1903 2685-189X 10.33086/cej.v2i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal2.unusa.ac.id/index.php/CEJ/article/view/1591/1145
|
|
Rights |
Copyright (c) 1970 MARDI FITRI
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|