PENGARUH BLANDING BAHAN BAKAR PERTALITTE DAN ETANOL TERHADAP KINERJA MESIN SEPEDA MOTOR HONDA ABSOLUTE REVO 2008
Mechonversio: Mechanical Engineering Journal
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGARUH BLANDING BAHAN BAKAR PERTALITTE DAN ETANOL TERHADAP KINERJA MESIN SEPEDA MOTOR HONDA ABSOLUTE REVO 2008
|
|
Creator |
Oktavianto, Wahyu
|
|
Subject |
blending, daya, ethanol , pertalite, torsi.
|
|
Description |
Sepeda motor merupakan transportasi yang dijalankan oleh mesin berbahan bakar bensin. Bahan bakar bensin pada saat ini ada beberapa macam seperti premium, pertalite, pertamax, dan pertamax turbo yang masing-masing memiliki nilai oktan yang berbeda dan emisi gas buang yang dihasilkan juga berbeda. Oleh karena itu tidak dapat dihindari adanya percampuran antar jenis bahan bakar tersebut dengan blanding etanol. Metodologi penelitian ini dilakukan secara experimental pada motor Honda Absolute Revo 2008 dengan bahan bakar B100, B75, B50, dan B25 di Lab pengujian performa mesin gedung A8 Lt. 1 FT UNESA Jl. Ketintang Surabaya, untuk mengetahui pengaruh daya dan torsi menggunakan dynotest, sedangkan pengujian emisi gas buang menggunakan gas analyzer dan dilakukan di Lab bengkel otomotif SMK PGRI 3 SDA, Jl. Dr. Wahidin No.130B Sidoarjo. Desain pengujian yang digunakan adalah experiment. Data hasil pengujian dianalisa dengan cara mendeskripsikan dan merangkum hasil-hasil pengujian dalam bentuk grafik dan tabel dengan menggunakan Softwere Microsoft Excel. Berdasarkan hasil pengujian dan pembahasan penggunaan variasi campuran bahan bakar B100, B75, B50, dan B25 didapat kesimpulan bahwa variasi campuran bahan bakar B75 (25% Ethanol;75% Pertalite) menghasilkan ujuk kerja yang baik, pada sepeda motor Honda Absolute Revo Tahun 2008, torsi maksimum dicapai 7,01 Nm putaran 6919 rpm, dan daya maksimum dicapai pada 7,9 Hp putaran 8928 rpm. Konsumsi bahan bakar lebih hemat B100 pada putar 1500 sampai 9000 rpm dibandingkan B75, B50, dan B25, sedangkan emisi gas buang yang paling ramah lingkungan pada B75 dengan kadar CO 0,51%vol dan HC 404,6 ppmvol.
|
|
Publisher |
Univervitas Maarif Hasyim Latif
|
|
Contributor |
Teknik Mesin
|
|
Date |
2020-12-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/mechonversio/article/view/863
10.51804/mmej.v3i2.863 |
|
Source |
Mechonversio: Mechanical Engineering Journal; Vol 3, No 2 (2020): Desember 2020; 56-62
2622-6170 2622-8262 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/mechonversio/article/view/863/pdf
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Mechonversio: Mechanical Engineering Journal
|
|