Record Details

ANALISIS VARIASI POSISI KLIP JARUM SKEP TERHADAP UNJUK KERJA MESIN MOTOR YAMAHA JUPITER Z 110 cc TAHUN 2008

Mechonversio: Mechanical Engineering Journal

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS VARIASI POSISI KLIP JARUM SKEP TERHADAP UNJUK KERJA MESIN MOTOR YAMAHA JUPITER Z 110 cc TAHUN 2008
 
Creator Supriyanto, Puji
 
Subject Daya, Dynotest , Klip jarum skep, Mesin motor, Torsi
 
Description Pada perkembangan teknologi sepeda motor di Indonesia khususnya di temukan bahwa perkembangannya motor standar keluaran pabrik mengarah pada tingkat efisiensi yang tinggi. Hal itu pulalah yang menyebabkan membuat pabrikan membuat setingan yang “paten” agar settingan pabrik sebisa mingkin tidak berubah terlau banyak setelah motor digunakan oleh para pemakainya. Contoh nyata salah satunya pada teknologi jarum skep pada karburator sepeda motor. Umumnya jarum skep sepeda motor tipe-tipe terdahulu dapat di setel dengan penambahan alur pada batang ulir jarum skep tersebut. Akan tetapi sangat berbeda pada sepeda motor keluaran terkini. Penelitian ini memiliki tujuan sebagai berkut Untuk mengetahui posisi ring jarum skep terhadap unjuk kerja mesin sepeda motor Yamaha Jupitez  yang meliputi daya motor dan konsumsi bahan bakar. Untuk mengetahui dimana posisi ring jarum skep yang paling optimum dan konsumsi bahan bakar yang paling irit pada sepeda motor Yamaha Jupiter. Metode penelitian yang di laksanakan ini adalah metode experimental murni yang di gunakan untuk variasi ring skep terhadap unjuk kerja pada motor bensin 4 langkah. Caranya adalah dengan membandingkan unjuk kerjanya pada motor bensin 4 langkah yang sudah menggunakan sistem pengapian CDI. Adapun tempat/ bengkel untuk pelaksanaan DYNOTEST beralamat di jalan undaan no 115 Banyuwangi motor. Hasil dari pengujian dan perhitungan, didapatkan posisi klip jarum skep yang paling baik digunakan pada sepeda motor yamaha jupiter z 110cc yaitu posisi klip jarum skep alur 0 pada rpm 2000 mampu menghabiskan bahan bakar  357,16 gr/jam, rpm 3000 505,87 gr/jam, rpm 4000 597,95 gr/jam, rpm 5000 865,89gr/jam serta Daya sebesar 6.1 HP dan Torsi 6.72Nm.
 
Publisher Univervitas Maarif Hasyim Latif
 
Contributor Teknik Mesin
 
Date 2018-12-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/mechonversio/article/view/349
10.51804/mmej.v1i1.349
 
Source Mechonversio: Mechanical Engineering Journal; Vol 1, No 1 (2018): Desember 2018; 12-17
2622-6170
2622-8262
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/mechonversio/article/view/349/pdf
 
Rights Copyright (c) 2019 Mechonversio: Mechanical Engineering Journal