ANALISIS VARIASI POSISI KLIP JARUM SKEP TERHADAP UNJUK KERJA MESIN MOTOR YAMAHA JUPITER Z 110 cc TAHUN 2008
Mechonversio: Mechanical Engineering Journal
View Archive InfoField | Value | |
Title |
ANALISIS VARIASI POSISI KLIP JARUM SKEP TERHADAP UNJUK KERJA MESIN MOTOR YAMAHA JUPITER Z 110 cc TAHUN 2008
|
|
Creator |
Supriyanto, Puji
|
|
Subject |
Daya, Dynotest , Klip jarum skep, Mesin motor, Torsi
|
|
Description |
Pada perkembangan teknologi sepeda motor di Indonesia khususnya di temukan bahwa perkembangannya motor standar keluaran pabrik mengarah pada tingkat efisiensi yang tinggi. Hal itu pulalah yang menyebabkan membuat pabrikan membuat setingan yang “paten” agar settingan pabrik sebisa mingkin tidak berubah terlau banyak setelah motor digunakan oleh para pemakainya. Contoh nyata salah satunya pada teknologi jarum skep pada karburator sepeda motor. Umumnya jarum skep sepeda motor tipe-tipe terdahulu dapat di setel dengan penambahan alur pada batang ulir jarum skep tersebut. Akan tetapi sangat berbeda pada sepeda motor keluaran terkini. Penelitian ini memiliki tujuan sebagai berkut Untuk mengetahui posisi ring jarum skep terhadap unjuk kerja mesin sepeda motor Yamaha Jupitez yang meliputi daya motor dan konsumsi bahan bakar. Untuk mengetahui dimana posisi ring jarum skep yang paling optimum dan konsumsi bahan bakar yang paling irit pada sepeda motor Yamaha Jupiter. Metode penelitian yang di laksanakan ini adalah metode experimental murni yang di gunakan untuk variasi ring skep terhadap unjuk kerja pada motor bensin 4 langkah. Caranya adalah dengan membandingkan unjuk kerjanya pada motor bensin 4 langkah yang sudah menggunakan sistem pengapian CDI. Adapun tempat/ bengkel untuk pelaksanaan DYNOTEST beralamat di jalan undaan no 115 Banyuwangi motor. Hasil dari pengujian dan perhitungan, didapatkan posisi klip jarum skep yang paling baik digunakan pada sepeda motor yamaha jupiter z 110cc yaitu posisi klip jarum skep alur 0 pada rpm 2000 mampu menghabiskan bahan bakar 357,16 gr/jam, rpm 3000 505,87 gr/jam, rpm 4000 597,95 gr/jam, rpm 5000 865,89gr/jam serta Daya sebesar 6.1 HP dan Torsi 6.72Nm.
|
|
Publisher |
Univervitas Maarif Hasyim Latif
|
|
Contributor |
Teknik Mesin
|
|
Date |
2018-12-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/mechonversio/article/view/349
10.51804/mmej.v1i1.349 |
|
Source |
Mechonversio: Mechanical Engineering Journal; Vol 1, No 1 (2018): Desember 2018; 12-17
2622-6170 2622-8262 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/mechonversio/article/view/349/pdf
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Mechonversio: Mechanical Engineering Journal
|
|