Record Details

ANALISA PENGARUH VARIASI KECEPATAN SPINDLE DAN KEDALAMAN POTONG TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN PADA PEMOTONGAN BAJA ST. 37

Mechonversio: Mechanical Engineering Journal

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISA PENGARUH VARIASI KECEPATAN SPINDLE DAN KEDALAMAN POTONG TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN PADA PEMOTONGAN BAJA ST. 37
 
Creator Wahid, M. Abdul
Gunawan, Eddy
 
Subject baja ST. 37, kekasaran permukaan, mesin bubut, surface roughness tester
 
Description Proses permesinan menentukan kekasaran permukaan pada tingkat tertentu dimana kekasaran permukaan dapat dijadikan acuan untuk evaluasi produk pemesinan dalam lingkungan perusahaan maupun pendidikan menengah kejuruan yang akan bekerjasama dengan perusahaan. Pendidikan SMK atau sekolah menengah kejuruan jurusan pemesinan yang praktek dimesin perkakas yang diharuskan kerja sama dengan perusahaan dalam pembuatan produk atau komponen dengan memakai benda kerja baja ST. 37 yang memang sering digunakan. Metode penelitian dengan menvariasikan kecepatan pada mesin bubut 360 Rpm, 800 Rpm dan 1000 Rpm dengan kedalam potong 0,3 mm, 06 mm, dan 1 mm. Diuji kekasaran permukaannya memakai surface roughness tester. Hasil dari penelitian didapatkan Hasil uji kekasaran permukaan dengan variasi kecepatan putaran mesin didapatkan semakin tinggi Rpm maka semakin kecil nilai kekasarannya dan mempercepat proses pekerjaan. Untuk variasi kedalaman potong melihatkan bahwa semakin kecil perautan maka semakin kecil nilai kekasarannya
 
Publisher Univervitas Maarif Hasyim Latif
 
Contributor Teknik Mesin
 
Date 2021-06-24
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/mechonversio/article/view/1574
10.51804/mmej.v4i1.1574
 
Source Mechonversio: Mechanical Engineering Journal; Vol 4, No 1 (2021): Juni 2021; 15-19
2622-6170
2622-8262
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/mechonversio/article/view/1574/pdf
 
Rights Copyright (c) 2022 Mechonversio: Mechanical Engineering Journal
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0