Pengaruh Aplikasi Instagram Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Di SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo
Child Education Journal
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Aplikasi Instagram Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Di SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo
|
|
Creator |
Khasana, Viva Aprilya
Setiyawan, Heri Desiningrum, Noviana |
|
Subject |
Media Pembelajaran
Hasil Belajar Siswa |
|
Description |
ABSTRAK : Penelitian ini dilatar belakangi atas berkembang pesatnya teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran. Adapun tujuan atas penelitian ini ialah mengetahui pengaruh aplikasi Instagram terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran Matematika materi Volume Bangun Ruang di SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Yang desain penelitiannya yang dipergunakan merupakan Quasi Experimental atau eksperimen semu. Populasi yang dipergunakan dipenelitian ini ialah kelas V di SDN Bakung Temenggungan. Sampel yang dipergunakan pada penelitian ini ialah nonprability sampling, yaitu kelas A sebanyak 20 siswa dan kelas B 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan tiga tahap, yaitu pretest, treatment atau perlakuan, dan post test. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Simpulan penelitian ini adalah adanya pengaruh aplikasi instagram terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran matematika materi volume bangun ruang di SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah agar memanfaatkan aplikasi Instagram sebagai media pembelajaran baik pada mata pelajaran matematika maupun mata pelajaran lain. ABSTRACT : This research is based on the rapid development of information technology that can be used in learning. The purpose of this study was to determine the effect of the Instagram application on the learning outcomes of fifth grade students in Mathematics in the material of Space Volume at SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo. This type of research is experimental research. The research design used is Quasi Experimental or quasi-experimental. The population used in this study is class V at SDN Bakung Temenggungan. The sample used in this study is nonprability sampling, namely class A as many as 20 students and class B 20 students. The data collection technique was carried out in three stages, namely pretest, treatment, and post test. The data analysis technique used the normality test, homogeneity test and t test. The conclusion of this research is the influence of the Instagram application on the learning outcomes of fifth grade students in mathematics subject matter volume building space at SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo. Recommendations for further research are to use the Instagram application as a learning medium for both mathematics and other subjects. |
|
Publisher |
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
|
|
Date |
2020-08-27
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal2.unusa.ac.id/index.php/CEJ/article/view/1590
10.33086/cej.v2i2.1590 |
|
Source |
Child Education Journal; Vol. 2 No. 2 (2020): Pengembangan pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini; 83-91
Jurnal Pendidikan Anak; Vol 2 No 2 (2020): Pengembangan pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini; 83-91 2685-1903 2685-189X 10.33086/cej.v2i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal2.unusa.ac.id/index.php/CEJ/article/view/1590/1149
|
|
Rights |
Copyright (c) 1970 Viva Aprilya Khasana
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|