Record Details

Peningkatan Pemahaman Agama terhadap Santri TPQ melalui Media Belajar Picture and Picture

Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Pemahaman Agama terhadap Santri TPQ melalui Media Belajar Picture and Picture
 
Creator Ashlihah, Ashlihah
Mufidah, Risa Lailatul
Aditiya, Yoga Nofan
 
Description Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hambatan atau kendala dalam melakukan pembelajaran agama yang mudah diterima. Disamping itu, kurangnya guru terhadap pengetahuan metode pembelajaran konvensional ke metode pembelajaran yang aktif seperti metode pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar yang dilakukan pada TPQ Hasbullah Salim Desa tinggar Kecamatan Bandarkedungmulyo Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap agama melalui media pembelajaran picture and picture. Metode pendekatan pada kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi metode ceramah, diskusi dan praktek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa santri sangat terampil dalam menggunakan media pembelajaran picture and picture didalam kelas. Dari 20 santri yang ikut serta, 90% dari mereka sangat menyukai belajar menggunakan media picture and picture. Selain itu, rancangan media tersebut juga sesuai dengan materi yang disampaikan di kelas. Penerapan media ini menunjukkan bahwa peserta didik di dalam kelas sangat antusias dan aktif berinteraksi dengan guru saat pembelajaran. Selain itu juga, penggunaan media tersebut dapat meningkatkan pemahaman materi peserta didik.
 
Publisher LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
 
Date 2020-12-20
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/1073
 
Source Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat; Vol 1 No 1 (2020): Desember; 38-41
2774-7964
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/1073/520