ESTETIKA SUREALISME DALAM FILM “SASMITA NARENDRA”
IKONIK : Jurnal Seni dan Desain
View Archive InfoField | Value | |
Title |
ESTETIKA SUREALISME DALAM FILM “SASMITA NARENDRA”
|
|
Creator |
Ramadhan, Rony
|
|
Subject |
surealisme; film; Sasmita Narendra
|
|
Description |
Estetika ketidaksadaran yang dihadirkan dalam karya seni surealisme merupakan manifestasi dari mimpi, harapan, kecemasan (anxiety), ketakutan (phobia), dan fantasi dari dorongan libido sebagai energi psikis yang tidak mendapatkan tempat dalam dunia realitas eksternal. “Sasmita Narendra” adalah sebuah film fiksi bergenre thriller dengan latar belakang kehidupan sosial budaya dikerucutkan dalam polemik kehidupan sosial yang terjadi pada hubungan pernikahan. Cerita tersebut mengisyaratkan simbolik kekuasaan dan perselingkuhan yang dikemas dengan tiga pengulangan mimpi. Mimpi tersebut ditafsirkan dalam filosofi jawa ada tiga jenis yaitu Titioni, Gondoyoni, Puspotajem.
|
|
Publisher |
LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-07-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/ikonik/article/view/997
10.51804/ijsd.v3i2.997 |
|
Source |
IKONIK : Jurnal Seni dan Desain; Vol 3, No 2 (2021): JULI 2021; 41-47
2685-4260 2685-2780 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/ikonik/article/view/997/873
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Rony Ramadhan
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|