KONSEP PERANCANGAN DESAIN BUKU KOMIK ANAK-ANAK KISAH DAKWAH SUNAN KALIJAGA
IKONIK : Jurnal Seni dan Desain
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KONSEP PERANCANGAN DESAIN BUKU KOMIK ANAK-ANAK KISAH DAKWAH SUNAN KALIJAGA
|
|
Creator |
Fahmi, Luai Ihsani
|
|
Subject |
komik anak-anak; pesan moral; seni islam; sunan kalijaga
|
|
Description |
Indonesia merupakan negara besar dengan jumlah penduduk sebanyak 297,27 juta jiwa di mana penduduk dengan kelompok umur 0-14 tahun (usia anak-anak) mencapai 22,20 juta jiwa dari total populasi (Bappenas, 2019). Besarnya jumlah penduduk ini juga berpotensi mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Zaman terus berkembang, modernisasi semakin berkembang. Hal ini memunculkan dua ancaman, yakni budaya Nusantara yang bias dengan budaya luar negeri dan kelompok ekstrimis hadir dari ketimpangan sosial yang ada, kemudian menggunakan agama untuk membela diri dan menghilangkan sikap toleransi dari kehidupan masyarakat. Survei terkini yang dirilis oleh beberapa lembaga seperti Wahid Institute, Pusat Pengkajian Islam Masyarakat (PPIM), dan Setara Institute yang dikutip oleh The Conversation (2019) mengungkap bahwa terdapat indikasi penyebaran ajaran intoleransi dan paham radikalisme di lembaga pendidikan di Indonesia. Sementara itu semakin sedikit anak-anak yang mengetahui sejarah kisah Wali Songo khususnya dalam perancangan ini Sunan Kalijaga sedangkan kita semua tahu gamelan, tembang, dan wayang sebagai media dakwah Sunan Kalijaga menjadi kekayaan kesenian di Indonesia. Maka diperlukan media komunikasi visual untuk dapat memecahkan kedua permasalahan tersebut, karena kisah dakwah Sunan Kalijaga memiliki pesan moral yang bisa membantu memperluas pemahaman anak-anak terhadap seni dan Islam. Metode perancangan menggunakan metode berfikir Tim Brown. Metode berfikir Tim Brown terdiri dari Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan test dibantu dengan teori pembuatan karya komik Scott McCloud, teori komunikasi Harold D Lasswell untuk menyampaikan pesan moral, dan metode ATUMICS untuk modifikasi aspek budaya kedalam bentuk visual yang baru. Hasil perancangan ini yakni komik untuk anak-anak memiliki manfaat untuk disiplin ilmu Desain Komunikasi Visual yang berfungsi sebagai pemecahan masalah melalui solusi menggunakan teori seperti Scott McCloud dan ATUMICS method untuk memodifikasi karya tradisi ke bentuk yang baru tanpa merubah esensi kebudayaanya.
|
|
Publisher |
LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2022-01-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/ikonik/article/view/1604
10.51804/ijsd.v4i1.1604 |
|
Source |
IKONIK : Jurnal Seni dan Desain; Vol 4, No 1 (2022): JANUARI 2022; 56-69
2685-4260 2685-2780 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/ikonik/article/view/1604/973
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Luai Ihsani Fahmi
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|