Kartun sebagai media dakwah bagi anak-anak: Studi pada tayangan Upin dan Ipin
Jurnal Ilmu Dakwah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Kartun sebagai media dakwah bagi anak-anak: Studi pada tayangan Upin dan Ipin
|
|
Creator |
febbriyanto, bima surya
rifa'i, samsul |
|
Subject |
Message of Da’wah, Islamic values, Cartoon of Upin dan Ipin
|
|
Description |
Da'wa through film media has been widely carried out, including cartoons. In general, Upin and Ipin animations incorporate more Islamic values into their shows, not just ordinary cartoon shows. In contrast to other cartoons, animation that makes children the target of the message must pay attention to the message, language, and context by the object. Making children mad’u da’wah requires special materials according to their needs and packaged lightly so that they are easily accepted. This study aims to explain how much Upin and Ipin shows contain da’wah messages in each episode, as well as what forms of da’wah material are contained in Upin and Ipin shows. The descriptive quantitative method was chosen as the approach to get a clear picture of the data. Data were taken randomly as many as 30 of 240 episodes. Data is analyzed simply by giving meaning to the numbers. The results showed that 90 % of the shows contained da’wah methods or elements of da’wah. Meanwhile, 10% of the rest shows that do not display da’wah messages. This shows that the Upin and Ipin shows, judging from the material, have three elements of da’wah. First, the show is very child-friendly, there is no element of violence or pornography in the show. Second, it contains an element of entertainment so that the material is easily accepted by children. The audio-visual presentation displayed by the program makes children more interested and not bored. Third, to meet the needs of children in terms of quality shows and full of noble values. Such as values about filial piety and respect for parents, please help fellow friends, respect differences, uphold a sense of tolerance, keep the environment clean, learn to explore nature, love the homeland, and have faith in Allah SWT.***Dakwah melalui media film telah banyak dilakukan, tak terkecuali film kartun. Bukan hanya tayangan kartun biasa seperti pada umumnya, animasi Upin dan Ipin lebih banyak memasukkan nilai-nilai keislaman ke dalam tayangannya. Berbeda dengan film kartun lainnya, animasi yang menjadikan anak-anak sebagai sasaran pesan harus memperhatikan pesan, bahasa, dan konteks yang sesuai dengan objeknya. Menjadikan anak-anak sebagai mad’u dakwah membutuhkan materi khusus sesuai dengan kebutuhannya serta dikemas dengan ringan agar mudah diterima. Penelitian ini bertujuan menjelaskan tentang seberapa besar tayangan Upin dan Ipin memuat pesan dakwah dalam setiap episodenya, serta apa saja bentuk materi dakwah yang terkandung dalam tayangan Upin dan Ipin. Metode kuantitatif deskriptif dipilih sebagai pendekatan agar mendapatkan gambaran yang jelas tentang data. Data diambil secara random sebanyak 30 dari 240 episode. Data dianalisis secara sederhana dengan memberikan makna atas angka-angka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 90% tayangan memuat metode dakwah ataupun unsur dakwah. Sedangkan 10% dari sisanya adalah tayangan yang tidak menampilkan pesan dakwah. Hal ini menunjukkan bahwa tayangan Upin dan Ipin, dilihat dari materi, memiliki tiga unsur dakwah. Pertama, tayangan yang sangat ramah pada anak-anak, tidak ada unsur kekerasan ataupun pornografi dalam tayangan. Kedua, mengandung unsur hiburan sehingga materi mudah diterima oleh anak-anak. Sajian audio visual yang ditampilkan oleh tayangan lebih membuat anak-anak tertarik dan tidak bosan. Ketiga, mencukupi kebutuhan anak-anak dalam hal tontonan berkualitas serta sarat akan nilai-nilai yang luhur. Seperti nilai tentang berbakti dan menghormati orang tua, tolong menolong pada sesama teman, menghargai perbedaan, menjunjung tinggi rasa toleransi, menjaga kebersihan lingkungan, belajar mengexplorasi alam, cinta pada tanah air, serta beriman kepada Allah Swt.
|
|
Publisher |
Faculty of Dakwah and Communication, Walisongo State Islamic University
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-12-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/dakwah/article/view/9362
10.21580/jid.v41.2.9362 |
|
Source |
Jurnal Ilmu Dakwah; Vol 41, No 2 (2021); 122-133
2581-236X 1693-8054 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/dakwah/article/view/9362/3791
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Dakwah
http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|