Tahapan Menggunting dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini
Child Education Journal
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Tahapan Menggunting dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini
|
|
Creator |
Widayati, Sri
Adhe, Kartika Rinakit Nafisa, Faradian Silvia, Ela Faiza |
|
Subject |
Tahapan Menggunting
Motorik Halus |
|
Description |
ABSTRAK : Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan menggunting anak yang masih perlu ditingkatkan sehinggapeneliti memberikan tahapan menggunting dalam proses meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan tahapan mengunting yang tepat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok A yang berjumlah 22 anak di TK Dharma Wanita Persatuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa tahapan menggunting dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada siklus I sebesar 81,8% meningkat menjadi 86,4% pada siklus II. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tahapan menggunting mampu meningkatkan kemampuan motorik halus anak. ABSTRACT : This research is motivated by the fine motor ability children who still need to be improved so that researchers provide stages of cutting in the process of improving children's fine motor skills. The purpose of this study is to improve children's fine motor skills with the right stages of cutting. This research is a class action research. This class action research was carried out in two cycles. The sample in this study was group A children totaling 22 children in TK Dharma Wanita Persatuan. Data collection techniques used are observation and documentation. Based on the results of data analysis, it was found that the cutting stage could increase the fine motor skills of children in the first cycle by 81.8%, increasing to 86.4% in the second cycle. These results indicate that the cutting stage can improve children's fine motor skills. |
|
Publisher |
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
|
|
Date |
2019-12-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal2.unusa.ac.id/index.php/CEJ/article/view/1402
10.33086/cej.v1i2.1402 |
|
Source |
Child Education Journal; Vol. 1 No. 2 (2019): Bahasa sebagai Sarana Komunikasi dan Penyaluran Emosi Anak; 50-57
Jurnal Pendidikan Anak; Vol 1 No 2 (2019): Bahasa sebagai Sarana Komunikasi dan Penyaluran Emosi Anak; 50-57 2685-1903 2685-189X 10.33086/cej.v1i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal2.unusa.ac.id/index.php/CEJ/article/view/1402/997
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Sri Widayati, Kartika Rinakit Adhe, Faradian Nafisa, Ela Faiza Silvia
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|