Record Details

EFEKTIVITAS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK PADA SMP NEGERI 4 AMBON MALUKU

DESKOVI : Art and Design Journal

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title EFEKTIVITAS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK PADA SMP NEGERI 4 AMBON MALUKU
 
Creator Latuheru, Chrisema Ramayona
 
Subject Efektivitas, KTSP, Guru musik, Pembelajaran musik
 
Description Kurikulum di Indonesia dinilai terlalu kompleks dibandingkan dengan kurikulum yang ada di beberapa negara maju sehingga beban siswa dalam belajar semakin berat. Atas dasar inilah diperlukan KTSP, kurikulum operasional yang dikembangkan dan dilaksankan oleh sekolah. SMP Negeri 4 Ambon merupakan sekolah yang mengembangkan kurikulum sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan sekolah. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah, apa saja kendala dalam pelaksanaan KTSP di SMP Negeri 4 Ambon, bagaimana upaya guru dalam menyelesaikan masalah dalam pelaksanaan KTSP, dan bagaimana upaya guru dalam menyumbangkan pikirannya dalam pelaksanaan pembelajaran musik. Penelitian ini juga dilandasi dengan beberapa teori-teori terdahulu yang telah meneliti efesiensi pembelajaran musik. Proses penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan FGD (Focus Group Discussion) yang diperoleh dari wawancara terbuka dan diskusi terpadu. Hasil penelitian menunjukkan, kendala yang ditemui dalam penerapan KTSP pada pembelajaran seni musik antara lain, kendala siswa dalam mengaransir lagu, guru masih menggunakan ruangan kelas umum pada saat praktek, alat musik yang digunakan belum memadai, alokasi waktu yang masih kurang dan kurangnya tenaga guru. Dalam penerapan KTSP guru berusaha mengatasi kendala-kendala tersebut dengan menyumbangkan pemikirannya melalui solusi-solusi yang diterapkannya, antara lain dengan memudahkan anak mengaransir lagu, melalui lagu sederhana yang diaransirnya dan memanfaatkan waktu diluar jam sekolah untuk menyelesaikan materi yang tertunda.The curriculum in Indonesia is considered too complex compared to other countries so that students in learning is getting harder. On this basis KTSP is needed, an operational curriculum developed and implemented by the school. SMP Negeri 4 Ambon is a school that develops a curriculum in accordance with the characteristics and needs of the school. The problems to be discussed in this study are, what are the obstacles in the implementation of KTSP in SMP Negeri 4 Ambon, how are the efforts of the teacher in solving problems in the implementation of KTSP, and how the teacher attempts to contribute his thoughts in the implementation of music learning. This research is also based on several previous theories that have examined the efficiency of music learning. The process of this research uses qualitative research methods with a case study approach and FGD (Focus Group Discussion) obtained from open interviews and integrated discussions. The results showed that the obstacles encountered in the application of KTSP in the learning of musical arts included the constraints of students in arranging songs, teachers still using public classrooms at the time of practice, inadequate musical instruments, lack of time allocation and lack of teachers. In applying the KTSP the teacher tries to overcome these obstacles by contributing his thoughts through the solutions he applies, among others by making it easier for children to organize songs, through simple songs arranged and utilizing time outside of school hours to complete the delayed material.
 
Publisher Universitas Maarif Hasyim Latif
 
Contributor
 
Date 2019-06-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/deskovi/article/view/405
10.51804/deskovi.v2i1.405
 
Source DESKOVI : Art and Design Journal; Vol 2, No 1 (2019): JUNI 2019; 13-20
2655-464X
2654-5381
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/deskovi/article/view/405/308
 
Rights Copyright (c) 2019 Chrisema Ramayona Latuheru