TERJERAT (CINTA TERLARANG OLEH LATAR BELAKANG DAN KETURUNAN)
DESKOVI : Art and Design Journal
View Archive InfoField | Value | |
Title |
TERJERAT (CINTA TERLARANG OLEH LATAR BELAKANG DAN KETURUNAN)
|
|
Creator |
Fahriati, Isra
|
|
Subject |
adat; golongan; status sosial
|
|
Description |
Karya tari terjerat ini terinspirasi dari kisah empiris dari sahabat penulis. Sahabat penulis menceritakan bagaimana kehidupan rumah tangganya yang belum lama terjalin. Pernikahan yang tidak didasari cinta kini membuat huubungan pernikahaannya penuh dengan tekanan batin. Rasa menyesal da terpukul karena harus meniggalkan sang kekasihnya yang berasal dari masyarakat biasa hanya karena sebuah aturan adat dari keluarga bangsawan. Pengalaman pribadi kerap menjadi rangsangan dalam menciptakan sebuah karya. Hal inilah yang mendorong penulis untuk menciptakan sebuah koreografi yang bertujuan menyampaikan kepada masyarakat dengan menggunakan tubuh sebagai alat penyampaian fenomena tersebut. Karya tari terjerat diwujudkan dengan beberapa medium salah satunya adalah medium gerak, penulis menggunakan gerak metakinesis, fisik dan psikis adalah dua aspek yang memeiliki hubungan yang erat dengan pengalaman pribadi, mental dan peralatan emosional. Karya tari ini melibatkan empat orang penari diantaranya satu penari laki-laki dan tiga penari perempuan. Karya tari ini ditampilkan pada pentas proscenium. Bentuk dari koreografi tersebut bersifat literal dan menggunakan tipe tari dramatic. Tari ini menggunakan metode penciptaan koreografi dan kreativitas.This terjerat dance work is inspired by empirical stories from the writer's best friend. A friend of the writer tells how his married life. Marriage that is not based on love now makes the marriage relationship full of inner pressure. feeling sorry that because I had to leave her lover who came from an ordinary people just because of a customary rule from a noble family. Personal experience is often a stimulus in creating a work. This is what encourages the writer to create a choreography that aims to convey to the community by using the body as a means of delivering the phenomenon. Terjerat dance manifested in several mediums, one of which is the medium of motion, the author uses metacinesis, physical and psychological movements are two aspects that have a close relationship with personal experience, mental and emotional feeling. This dance involved four dancers including one male dancer and three female dancers. This dance is performed on the proscenium stage. The form of the choreography is literal and uses a dramatic type of dance. This dance uses the method of choreography creation and creativity.
|
|
Publisher |
Universitas Maarif Hasyim Latif
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2018-12-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/deskovi/article/view/286
10.51804/deskovi.v1i1.286 |
|
Source |
DESKOVI : Art and Design Journal; Vol 1, No 1 (2018): DESEMBER 2018; 35-40
2655-464X 2654-5381 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/deskovi/article/view/286/191
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Isra Fahriati
|
|