Record Details

PENGENALAN AKSARA JAWA DAN EDUKASI DENGAN MARKER TRACKING PADA AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Teknika: Engineering and Sains Journal

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGENALAN AKSARA JAWA DAN EDUKASI DENGAN MARKER TRACKING PADA AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID
 
Creator Agustian, Mohammad
Badri, Fawaidul
 
Subject marker; tracking; aksara jawa; android; augmented reality
 
Description Semakin pesatnya perkembangan teknologi, android dan augmented reality bisa menjadi media alternatif untuk mengenalkan aksara jawa yang lebih interaktif. Augmented reality adalah suatu teknologi yang dapat menyatukan benda 2D ke dalam lingkup nyata 3D dan ditampilkan secara real time. Augmented reality sangat bagus digunakan untuk media pengenalan objek 2D maupun 3D. Aplikasi pengenalan aksara jawa dan edukasi dibangun menggunakan software Unity 3D dan memanfaatkan teknologi augmented reality yang dapat diopersikan pada perangkat mobile android. Penelitian ini menghasilkan aplikasi dapat menampilkan objek pada jarak 10 hingga 45 cm dalam intensitas cahaya terang. Aplikasi pada augmented reality ini dibuat berbasis Android agar praktis dan lebih menarik minat anak-anak untuk memainkan aplikasi ini pada smartphone, sehingga aplikasi ini dapat dioperasikan dimana saja. Penggunakan gambar 3D dengan menggunakan software Blender dan Vuvoria sebagai library dan suara dalam menampilkan objek aksara akan menambah minat anak-anak agar tidak mudah jenuh dalam belajar pengenalan aksara jawa melalui aplikasi augmented reality.
 
Publisher Universitas Maarif Hasyim Latif
 
Contributor
 
Date 2021-06-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Identifier https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/teknika/article/view/1626
10.51804/tesj.v5i1.1626.%p
 
Source Teknika: Engineering and Sains Journal; Vol 5, No 1 (2021): Juni 2021
2579-5422
2580-4146
 
Language en
 
Rights Copyright (c) 2022 Teknika: Engineering and Sains Journal
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0