Record Details

PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013

Jurnal Ilmu Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013
 
Creator Khalim, Ainul
 
Description Pendekatan saintifik menerapkan 5 langkah pembelajaran yang dimulai dari mencermati lewat pengamatan (mengamati) untuk mendapatkan data awal, lalu memunculkan pertanyaan (menanya) sebagai dasar untuk melengkapi data yang dibutuhkan (mendorong tumbuhnya rasa ingin tahu yang lebih jauh), melakukan eksplorasi dalam rangka menjawab sejumlah pertanyaan sehingga diperoleh data yang lebih lengkap, melakukan analisis melalui proses asosiasi dengan mengaitkan antara satu fakta dengan fakta lain.
Oleh karena itu, lembaga pendidikan formal sebagai wadah resmi pembinaan generasi muda diharapkan dapat meningkatkan peranannya dalam pembentukan kepribadian peserta didik melalui peningkatan intensitas dan kualitas pendidikan karakter. Sekolah harus mampu menerima nilai-nilai politik, budaya, moral, adat, ajaran agama,  ataupun nilai-nilai lainnya yang dikehendaki. Proses perebutan pengaruh tersebut dapat dilakukakan melalui lembaga-lembaga sosial masyarakat, termasuk lembaga pendidikan.Sekolah hanyalah  salah  satu  dari  subsistem  pendidikan  lembaga  pendidikan  itu  sesungguhnya identik dengan jaringan-jaringan kemasyarakatan.
 
Kata Kunci: Saintifik, Kurikulum
 
Publisher LPPM IAI QOMARUDDIN GRESIK
 
Date 2021-12-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/3751
10.36835/jipi.v19i2.3751
 
Source Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; Vol. 19 No. 2 (2021): Desember; 219-236
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; Vol 19 No 2 (2021): Desember; 219-236
2580-9229
2088-3048
10.36835/jipi.v19i2
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/3751/2635
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0