METODE THINK PAIR AND SHARE EKSPERIMENTAL TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
METODE THINK PAIR AND SHARE EKSPERIMENTAL TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS
|
|
Creator |
Rahmatillah, Nely
|
|
Description |
Salah satu hal esensial yang berpengaruh pada proses pembelajaran adalah pemilihan metode yang tepat secara kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh penerapan metode Think Pair and Share (TPS) mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas XI MA As-Sa’idiyah Tanggulrejo Manyar Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MA As-Sa’idiyah Tanggulrejo Manyar Gresik yang berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket kuisioner dan dokumentasi. Hubungan pengaruh metode think pair and share terhadap peningkatan prestasi bealajar dilakukan dengan uji rumus product moment Hasil dari analisis metode think pair and share terhadap peningkatan prestasi belajar pada siswa kelas XI di MA Assa’idiyah Tanggulrejo Manyar Gresik adalah tidak terdapatnya pengaruh yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. Berdasarkan koefisien uji t dengan membandingkan ttabel dan thitung bahwa thitung = 0,389 ≤ ttabel = 0.775 serta berdasarkan teknik probabilitas bahwa Sig = 0,700 > 0,25, maka Ho diterima. Jadi secara teoritik, variabel X (metode think pair and share) memiliki pengaruh terhadap variabel Y (peningkatan prestasi belajar pada siswa kelas XI) tetapi tidak signifikan. Oleh karena itu dimungkinkan ada faktor lain yang lebih berpengaruh atau lebih dominan dalam peningkatan prestasi belajar pada siswa kelas XI di MA Assa’idiyah Tanggulrejo Manyar Gresik. Kata Kunci: Metode TPS, Prestasi Belajar Siswa, pelajaran Alquran Hadits |
|
Publisher |
LPPM IAI QOMARUDDIN GRESIK
|
|
Date |
2021-06-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/3642
10.36835/jipi.v19i1.3642 |
|
Source |
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; Vol. 19 No. 1 (2021): Juni; 138-151
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; Vol 19 No 1 (2021): Juni; 138-151 2580-9229 2088-3048 10.36835/jipi.v19i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/3642/2584
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|