Record Details

MANAJEMEN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA BIDANG STUDI PAI

Jurnal Ilmu Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title MANAJEMEN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA BIDANG STUDI PAI
 
Creator Qomaruddin, Qomaruddin
 
Description Salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah dengan pembelajaran contextual teaching and learning. Dengan penggunaan model pembelajaran  ini diharapkan materi pelajaran PAI dapat mudah dipahami dan dapat meningkatkan motivasi serta prestasi belajar peserta didik terhadap mata pelajaran PAI.
            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Strategi manajemen pembelajaran contextual teaching and learning , (2) Penerapan pembelajaran contextual teaching and learning
            Penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui teknik wawancara, studi dokumen dan observasi. Setelah data yang dibutuhkan terkumpul, kemudian penulis memaparkan data yang diperoleh sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan.
            Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan beberapa saran sebagai bahan pertimbangan bagi beberapa pihak, antara lain bagi guru, pembelajaran contextual teaching and learning perlu diterapkan pada bidang studi PAI, agar guru senantiasa melakukan upaya-upaya perbaikan dalam tindakan pengajarannya guna meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan pengaruh pendidikan contextual teaching and learning  terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik.
Kata kunci: Manajemen, Pembelajaran, CTL, PAI Pendahuluan
 
Publisher LPPM IAI QOMARUDDIN GRESIK
 
Date 2021-06-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/3637
10.36835/jipi.v19i1.3637
 
Source Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; Vol. 19 No. 1 (2021): Juni; 39-55
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; Vol 19 No 1 (2021): Juni; 39-55
2580-9229
2088-3048
10.36835/jipi.v19i1
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/3637/2579
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0