Record Details

ANALISIS KURIKULUM 2013 DALAM MEMBANTUPENINGKATAN KECERDASAN SISWA

Jurnal Ilmu Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS KURIKULUM 2013 DALAM MEMBANTUPENINGKATAN KECERDASAN SISWA
 
Creator Hakim, Lutfi
 
Description Kurikulum 2013 menitikberatkan struktur capaian pada sikap, keterampilan, dan pengetahuan secara utuh, artinya, hasil capaian proses belajar diukur dari kesinambungan dan konsistensi antara apa yang di ketahui dengan apa yang dilakukan dan apa yang diamalkan. Kompetensi Inti (KI-1) merupakan cakupan nilai-nilai ketuhanan (Religius), Kompetensi Inti (KI-2) mencakup nilai-nilai sikap sosial, Kompetensi Inti (KI-3) mencakup pengetahuan yang bersifat faktual, konseptual, dan prosedural, dan metakognitif, Kompetensi Inti (KI-4) mencakup proses atau tahapan pembelajaran (keterampilan). Kecerdasan/inteligensi tidak dapat diamati secara langsung melainkan harus disimpulkan dari berbagai tindakan nyata yang merupakan manifestasi dari proses berpikir rasional itu. Ada perbedaan mendasar antara intelegensi dengan IQ, 1). Bagimanakah sistem pembelajaran yang menerapkan Kurikulum 2013 .2). Bagaimana tingkat perkembangan kecerdasan siswayang menerapkan kurikulum 2013 3). Bagaimana pengaruh penerapan Kurikulum 2013 terhadap perkembangan kecerdasan siswa .
Kata kunci : penerapan kurikulum 2013, perkembangan kecerdasan siswa
 
Publisher LPPM IAI QOMARUDDIN GRESIK
 
Date 2021-06-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/3636
10.36835/jipi.v19i1.3636
 
Source Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; Vol. 19 No. 1 (2021): Juni; 1-38
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; Vol 19 No 1 (2021): Juni; 1-38
2580-9229
2088-3048
10.36835/jipi.v19i1
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/3636/2578
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0