PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL DI MA TARBIYATUS SHIBYAN SIDOREJO PANCENG GRESIK
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL DI MA TARBIYATUS SHIBYAN SIDOREJO PANCENG GRESIK
|
|
Creator |
HABIBAH, Aminatun
|
|
Description |
Penelitian ini dilakukan karena adanya peserta didik di MA Tarbiyatus Shibyan yang membawa HP ke sekolah yang berujung digunakan pada saat aktivitas belajar berlangsung yang kebanyakan alat komunikasi tersebut digunakan untuk mengakses media sosial seperti facebook, instagram, twitter, dan lain-lain. sehingga hal tersebut dapat mengganggu aktivitas belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Sejauhmana penggunaan media sosial di MA. Tarbiyatus Shibyan? 2). Sejauhmana aktivitas belajar peserta didik di MA. Tarbiyatus Shibyan? 3). Sejauhmana pengaruh penggunaan media sosial terhadap aktivitas belajar peserta di MA. Tarbiyatus Shibyan? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal komparatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 90 peserta didik dari kelas 10 -12. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumetasi. Adapun uji validitas menggunakan product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan cronbach alpha, dan untuk teknik analisis data menggunakan perhitungan regresi linier sederhana. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis data terdapat, 1). Penggunaan media sosial di MA. Tarbiyatus Shibyan Sidorejo Panceng Gresik diperoleh dari angket yang disebarkan pada responden berada pada skor 70.7% yang apabila dikonfirmasi dengan kriteria diantara 51-75% yang berarti baik. 2). Aktivitas belajar peserta didik di MA. Tarbiyatus Shibyan Sidorejo Panceng Gresik yang diperoleh dari angket yang disebarkan pada responden berada pada skor 72.0 yang apa bila dikonfirmasi dengan kriteria diantara 51-75% yang berarti baik. 3). Tidak adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan media sosial terhadap aktivitas belajar peserta didik di MA. Tarbiyatus Shibyan yang menghasilkan nilai signifikan sebesar 0,340. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan dengan rumus regresi linier sederhana yang menunjukkan nilai signifikansi lebih besar dari nilai probabilitas 0,025 yaitu 0,340. Hal ini menjadi sandaran kesimpulan bahwa hipotesis alternative (Ha) ditolak dan hipotesis nol (H0) diterima. Kata Kunci : Pembelajaran dan Media Sosial
|
|
Publisher |
LPPM IAI QOMARUDDIN GRESIK
|
|
Date |
2020-06-22
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/3529
10.36835/jipi.v18i1.3529 |
|
Source |
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; Vol. 18 No. 1 (2020): Juni; 29-51
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; Vol 18 No 1 (2020): Juni; 29-51 2580-9229 2088-3048 10.36835/jipi.v18i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/3529/2523
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|