Record Details

PENGAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN GAMBAR

Jurnal Ilmu Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN GAMBAR
 
Creator Afriyanti, Dwi
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan gambar di MTs. Mamba’ul Ulum Bedanten. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah mengajar keterampilan berbicara menggunakan gambar itu efektif atau tidak. Subjek penelitian ini adalah siswa di kelas tujuh MTs. Mamba’ul Ulum Bedanten. Peneliti memilih dua kelas: Kelas VII A sebagai kelompok eksperimen (28 siswa) dan kelas VII B sebagai kelompok kontrol (28 siswa). Metodologi penelitian yang digunakan adalah desain quasi eksperimental. Di sini, peneliti menggunakan tes lisan sebagai instrumen. Hasil dari pre dan post test dianalisis dengan menggunakan t-test. Ada tiga hasil penelitian ini. Hasil pertama adalah masalah siswa dalam keterampilan berbicara yang bisa dilihat dari hasil kuesioner. Yang kedua adalah efektivitas pengajaran keterampilan berbicara menggunakan gambar. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, itu berarti bahwa dalam kelompok eksperimen memiliki pengaruh signifikan pada keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan gambar. Hal ini dapat dilihat dari skor siswa yang diperoleh. Sedangkan hasil ketiga menggambarkan bahwa mendeskripsikan gambar untuk mendapatkan performance/kinerja yang lebih baik secara lisan. Temuan ini mengarah pada kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan gambar, pada peningkatan keterampilan berbicara, siswa yang diajarkan dengan menggunakan gambar memiliki skor yang lebih baik daripada siswa yang diajarkan tanpa menggunakan gambar.Kata kunci: gambar, kemampuan berbicara dan tingkat pemula
 
Publisher LPPM IAI QOMARUDDIN GRESIK
 
Date 2019-12-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/3472
 
Source Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; Vol. 17 No. 2 (2019): Desember; 122-132
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; Vol 17 No 2 (2019): Desember; 122-132
2580-9229
2088-3048
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/3472/2478
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0