Record Details

Konsep Pendidikan Islam Perspektif Ali Abdul Halim Mahmud ( Surat An Nur : 47-53 )

Jurnal Ilmu Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Konsep Pendidikan Islam Perspektif Ali Abdul Halim Mahmud ( Surat An Nur : 47-53 )
 
Creator Efendi, Arif
 
Description Abstrak
Ali Abdul Halim Mahmud adalah tokoh tasawuf modern bahkan disebut dengan Al Ghozali pada abad 14. Beliau berpendapat bagaimana mensinergikan serta mengintergalkan pendidikan umum dan  pendidikan agama islam menjadi jalan menuju ridlo tuhan (Allah Subhanallahu Ta’ala). konsep pendidikan Islam dalam surat An Nur : 47 – 53 perspektif Ali Abdul Halim Mahmud adalah menekankan pada aspek Aqidah (Tauhid), Syari’at dan Akhlaq islamiyah. Unsur unsur pendidikan yang terdapat disurat An Nur : 47 – 53 antara lain : pendidik adalah Allah Subhanallahu Ta’ala dan Rosulullah Shollahu alaihi wassalam, Anak didiknya adalah orang mukmin, orang munafik dan orang yahudi,  bahan pendidikan berisi pendidikan keimanan (Tauhid), pendidikan syari’at( ibadah) dan pendidikan akhlaq, cara pendidikannya berisi nasihat berbentuk khabar, syarat, perintah dan kepahamanan.
Kata Kunci: Pendidikan Islam, Ali Abdul Halim Mahmud
 
Publisher LPPM IAI QOMARUDDIN GRESIK
 
Date 2018-12-22
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/3345
 
Source Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; Vol. 16 No. 2 (2018): Desember; 187-200
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; Vol 16 No 2 (2018): Desember; 187-200
2580-9229
2088-3048
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/3345/2383
 
Rights Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0