ainulkhalim BENTUK KURIKULUM PAI SEBAGAI INTEGRASI PESANTREN KE DALAM SEKOLAH
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
ainulkhalim BENTUK KURIKULUM PAI SEBAGAI INTEGRASI PESANTREN KE DALAM SEKOLAH
|
|
Creator |
Khalim, Ainul
|
|
Description |
Model kurikulum pesantren yang di kemas ke dalam sekolah merupakan usaha untuk memperkuat iman dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama yang dianut oleh peserta didik yang bersangkutan dengan memerhatikan tuntunan untuk menghormati pemeluk agama lain dalam hubungan kerukunan antar umat beragama dalam masyarakat untuk mewujudkan persatuan nasional. merupakan bagian penting dalam kurikulum pendidikan nasional yang wajib diselenggarakan pada setiap jenjang pendidikan. Pentingnya Pendidikan Agama Islam disekolah bukan hanya karena isi/materinya yang diajarkan, akan tetapi juga merupakan komitmen terhadap ajaran agama yang dipelajari. Artinya, dalam pendidikan Agama aspek ilmu dan amal harus menyatu, keduanya harus berjalan seimbang. Namun dalam realitasnya pendidikan Agama Islam di sekolah masih jauh dari harapan, karena dalam pelaksanaannya masih banyak kendala yang dihadapi. Tulisan ini mencoba memaparkan hakikat pendidikan Agama Islam di skolah, kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya sekali gus tawaran solusinya. Kata-kata kunci ; Kurikulum, PAI, Integrasi, Pesantren, sekolah |
|
Publisher |
LPPM IAI QOMARUDDIN GRESIK
|
|
Date |
2018-06-16
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/3333
|
|
Source |
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; Vol. 16 No. 1 (2018): Juni; 53-68
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; Vol 16 No 1 (2018): Juni; 53-68 2580-9229 2088-3048 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/3333/2375
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|