Pendidikan Islam dan Multikultural
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pendidikan Islam dan Multikultural
|
|
Creator |
Khalim, Ainul
|
|
Description |
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui makna pendidikan Islam multicultural secara global sebagai tambahan khazanah keilmuan dan. Mengetahui konsep M Amin Abdullah tentang pendidikan Islam multikultural. Serta mengetahui relevansi pemikiran M. Amin Abdullah tentangpendidikan Islam Multikultural terhadap kondisi pendidikan masa kini. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik Content Analisis (Kajian Isi). Kemudian data dianalisis dengan menggunakan metode Analisis Induktif. Metode analisis induktif digunakan untuk memperoleh gambaran yang utuh tentang Pendidikan Islam Multikultural dalam PerspektifProf. M. Amin Abdullah dari beberapa sumber buku yang ada. Secara umum konsep pendidikan islam multicultural di dasarkan pada gagasan keadilan sosial dan persamaan hak dalam pendidikan. Menurut perspektif Prof. M. Amin Abdullah bahwa pendidikan Islam multicultural merupakan paradigma yang berprinsip bahwa manusia mempunyai hak hidup yang sama, masing-masing mempunyai cara untuk mempertahankan tradisi dan identitasnya sendiri dengan berbagai cara yang bisa dilakukan. Dan bertujuan membina manusia agar mampu menjalankan fungsinya sebagai hamba allah dan khalifahnya |
|
Publisher |
LPPM IAI QOMARUDDIN GRESIK
|
|
Date |
2017-06-16
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/2991
|
|
Source |
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; Vol. 15 No. 1 (2017): June; 1-16
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; Vol 15 No 1 (2017): June; 1-16 2580-9229 2088-3048 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/2991/2170
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|