Record Details

Pendidikan Islam dan Multikultural

Jurnal Ilmu Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pendidikan Islam dan Multikultural
 
Creator Khalim, Ainul
 
Description Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui makna pendidikan Islam multicultural secara global sebagai tambahan khazanah keilmuan dan. Mengetahui konsep M Amin Abdullah tentang pendidikan Islam multikultural. Serta mengetahui relevansi pemikiran M. Amin Abdullah tentangpendidikan Islam Multikultural terhadap kondisi pendidikan masa kini.
Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik Content Analisis (Kajian Isi). Kemudian data dianalisis dengan menggunakan metode Analisis Induktif. Metode analisis induktif digunakan untuk memperoleh gambaran yang utuh tentang Pendidikan Islam Multikultural dalam PerspektifProf. M. Amin Abdullah dari beberapa sumber buku yang ada.
Secara umum konsep pendidikan islam multicultural di dasarkan pada gagasan keadilan sosial dan persamaan hak dalam pendidikan. Menurut perspektif Prof. M. Amin Abdullah bahwa pendidikan Islam multicultural merupakan paradigma yang berprinsip bahwa manusia mempunyai hak hidup yang sama, masing-masing mempunyai cara untuk mempertahankan tradisi dan identitasnya sendiri dengan berbagai cara yang bisa dilakukan. Dan bertujuan membina manusia agar mampu menjalankan fungsinya sebagai hamba allah dan khalifahnya
 
Publisher LPPM IAI QOMARUDDIN GRESIK
 
Date 2017-06-16
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/2991
 
Source Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; Vol. 15 No. 1 (2017): June; 1-16
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; Vol 15 No 1 (2017): June; 1-16
2580-9229
2088-3048
 
Language ind
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/2991/2170
 
Rights Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0