Record Details

Model Integrasi Islam dalam Pembelajran Sain

Jurnal Ilmu Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Model Integrasi Islam dalam Pembelajran Sain
 
Creator mustadi, mustadi
 
Description Pembelajaran adalah usaha sadar dan disengaja yang bertujuan untuk merubah tingkah laku seseorang. Pembelajaran matematika merupakan proses interaksi antara guru dan siswa yang melibatkan pengembangan pola berfikir dan mengolah logika pada suatu lingkungan belajar yang sengaja diciptakan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar. Pembelajaran terintegrasi islami adalah salah satu konseptual untuk menyiapkan peserta didik yang berilmu dan berakhlak mulia menghadapi era globalisasi. Pendidikan yang terintegrasi islami yang berbasis AlQuran akan membentuk manusia yang berkarakter dilakukan dengan meneladani sifat Rasulullah SAW yaitu shiddîq (jujur), amânah (dipercaya), tablîgh (menyampaikan dengan transparan), fathânah (cerdas). Prinsip islami bukan hanya sekedar dipelajari tetapi dijalankan secara ideal. Pembelajaran matematika perlu diintegrasikan dengan nilai islam yang memiliki tujuan untuk merubah tingkah laku dalam ketrampilan matematika dan membentuk kepribadian anak yang berkarakter.Pembelajaran Matematika terintegrasi islami dapat dilakukan dengan cara selalu menyebut nama Allah, penggunaan istilah, Ilustrasi visual, aplikasi atau contoh-contoh, menyisipkan ayat atau hadits yang relevan, penelusuran sejarah, jaringan topik, simbol ayat-ayat kauniah. Pembelajaran ini diharapkan memberikan warna baru dalam proses pembelajaran agar peserta didik berfikir kritis, bersikap jujur, sehingga mencetak out put yang dapat mensyukuri nikmat yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa.
 
Publisher LPPM IAI QOMARUDDIN GRESIK
 
Date 2016-06-09
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/2984
 
Source Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; Vol. 14 No. 1 (2016): June; 22-44
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; Vol 14 No 1 (2016): June; 22-44
2580-9229
2088-3048
 
Language ind
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/2984/2162
 
Rights Copyright (c) 2016 Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0