REKONSTRUKSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
REKONSTRUKSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM
|
|
Creator |
Hakim, Lutfi
|
|
Subject |
Rekonstruksi
Pendidikan Islam |
|
Description |
Islam sebagai sumber acuan nilai telah menawarkan grand design bagi pengembangan segala bidang keilmuan termasuk didalamnya ilmu pendidikan Islam. Akan tetapi dalam dataran praksis, grand design keilmuan tersebut justru tereliminasi oleh suatu ideologi ilmiah dari kalangan umat Islam sendiri yang dipergunakan untuk mempertahankan kepalsuan semantik epistimologi dalam pengembangan keilmuan Islam. Sehingga bangunan keilmuan dalam pemikiran pendidikan Islam sering kali disusun berdasarkan konsep yang kurang jelas dan kurang fungsional. Melalui pendekatan filsafat penulis menegaskan bahwa rekonstruksi pemikiran pendidikan Islam yang ideal harus menempatkan filsafat sebagai entry point dan paradigma dasar bagi seluruh bangunan keilmuannya.
|
|
Publisher |
LPPM IAI QOMARUDDIN GRESIK
|
|
Date |
2015-12-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/563
|
|
Source |
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; Vol. 13 No. 2 (2015): December; 45-54
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; Vol 13 No 2 (2015): December; 45-54 2580-9229 2088-3048 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/563/2169
|
|
Rights |
Copyright (c) 2015 Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|