Record Details

PEMIKIRAN PENDIDIKAN IBNU JAMA’AH DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN KONTEMPORER

DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PEMIKIRAN PENDIDIKAN IBNU JAMA’AH DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN KONTEMPORER
 
Creator Roziqin, Muhamad Khoirur
Nurmawati, Ella
 
Description Pendidikan merupakan sesuatu yang universal dan berlangsung terus menerus tak terputus dari generasi ke generasi dimanapun di dunia ini. Skripsi ini adalah hasil dari studi kepustakaan tentang pemikiran Ibnu Jama’ah dan relevansinya terhadap pendidikan kontemporer. Penelitian ini adalah hasil penelitian kepustakaan (library research) Peneliti menggunakan metode deskriptif analisis yang ditunjang oleh datadata yang diperoleh melalui penelitian kepustakaan (library research), yakni menelusuri literatur serta menelaah untuk menjawab pertanyaan: bagaimana pemikiran pendidikan Ibnu Jama’ah dan relevansinya terhadap pendidikan kontemporer?. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa, Ibnu Jama’ah adalah ilmuwan ensiklopedis, meskipun perhatiannya terfokus pada ilmu agama. Karya beliau mengenai adab atau etika Tazkirah al-Sami’ wa alMutakallim fi adab al-Alim wa al-Muta’allim, di tulis di awal karir madrasah dan satu-sunya karya tentang pendidikan. Konsep Pendidikan Ibnu Jama’ah antara lain Konsep Guru/Ulama, Peserta Didik, Materi Pelajaran/Kurikulum dan Metode Pembelajaran serta Lingkungan Pendidikan. Meskipun sangat begitu runtut dan luasnya pembahasan, melalui ilmunya tentang pendidikan ini diharapkan pendidikan era kontemporer dapat mengadopsi dan menerapkannya.
 
Publisher Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang
 
Date 2019-06-17
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/dinamika/article/view/368
10.32764/dinamika.v4i01.368
 
Source DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman; Vol 4 No 1 (2019); 105-126
2548-6896
2597-4858
10.32764/dinamika.v4i01
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/dinamika/article/view/368/295
 
Rights Copyright (c) 2019 DINAMIKA
http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0