PENGARUH KEMASAN HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN CUCI SO KLIN DI KECAMATAN SUKODONO SIDOARJO
Ecopreneur.12
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGARUH KEMASAN HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN CUCI SO KLIN DI KECAMATAN SUKODONO SIDOARJO
|
|
Creator |
Msi, Kasino
|
|
Subject |
Manajemen
Kemasan, Harga, Citra Merek, Keputusan Pembelian |
|
Description |
ABSTRAK Memakai pakaian yang bersih saat dipakai merupakan keinginan setiap orang. Oleh karena itu, untuk pemilihan sabun cuci yang tepat untuk mencuci pakaian sangat mempengaruhi kebersihan, kelembutan dan keharuman pada pakaian. Diantara merek - merek sabun cuci yang beredar di pasar, terdapat merek yang digemari dan dikenal oleh konsumen pada umumnya yaitu sabun cuci So Klin. So Klin memiliki tiga fungsi penting yaitu membersihkan pakaian dari kotoran, menjaga serat pakaian hingga serat terdalam dan menjaga warna pakaian tetap cerah. Berbagai strategi yang dilakukan oleh perusahaan sabun cuci So Klin dengan cara membuat kemasan, harga dan citra merek agar konsumen tertarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemasan, harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian sabun cuci So Klin di Kecamatan Sukodono Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan populasi masyarakat umum yang menggunakan sabun cuci So Klin di Kecamatan Sukodono Sidoarjo, dan sampel yang digunakan berdasarkan batasan penelitian adalah masyarakat umum yang menggunakan sabun cuci So Klin di Desa Kebonagung Kecamatan Sukodono Sidoarjo sebanyak 80 orang. Teknik pengumpulan sampel menggunakan Metode Purposive Sampling, dan menggunakan kuesioner untuk pengumpulan data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS versi 20.0. Analisis data berupa analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji F, dan uji t. Analisis kualitatif merupakan data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan penjelasan. Persamaan regresi dari data-data yang diolah yaitu : Y = 0,258 + 0,214 X1 + 0,215 X2 + 0,588 X3 + e. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel independen yang diuji berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui uji F dan uji T, sedangkan angka Adjusted R Square sebesar 0,518 menunjukkan 51,8% keputusan pembelian sabun cuci So Klin di Kecamatan Sukodono Sidoarjo dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen tersebut, dan sisanya 48,2% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.Kata Kunci : Kemasan, Harga, Citra Merek, Keputusan Pembelian
|
|
Publisher |
Universitas Maarif Hasyim Latif
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-04-05
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/ecopreneur/article/view/674
10.2345/e12.v3i1.674 |
|
Source |
Ecopreneur.12; Vol 3, No 1 (2020): April 2020
Ecopreneur.12; Vol 3, No 1 (2020): April 2020 2615-6237 2614-3968 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/ecopreneur/article/view/674/536
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Ecopreneur.12 : Journal Economic and Business
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|