ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN INTERNET
Ecopreneur.12
View Archive InfoField | Value | |
Title |
ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN INTERNET
|
|
Creator |
Rodli, Ahmad Fathoni
Dewi, Nuning Nurna |
|
Subject |
Manajemen
Citra merek, persepsi harga, kualitas produk, kepuasan pelanggan |
|
Description |
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk dapat menganalisis dan mengetahui (1) pengaruh citra merek terhadap kepuasan pelanggan, (2) pengaruh persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan, (3) pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, (4) pengaruh citra merek, persepsi harga dan kualitas produk secara simultan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa jurusan manajemen Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo. Jumlah sampel penelitian sebanyak 71 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh yaitu yang berarti seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan memberikan daftar pernyataan kepada responden. Penelitian ini menggunakan alat regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 23.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa persepsi harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitug 3,970 > ttabel 1,996 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan citra merek dan kualitas produk tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung 17,363 > Ftabel 2,74 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa secara bersama – sama attau simultan variabel citra merek, persepsi harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dari hasil analisis dapat memperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,437. Artinya ketiga variabel citra merek, persepsi harga dan kualitas produk secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 43,7% terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan sisanya sebesar 56,3% merupakan sumbangan/kontribusi variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kata kunci : Citra merek, persepsi harga, kualitas produk, kepuasan pelanggan
|
|
Publisher |
Universitas Maarif Hasyim Latif
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-04-05
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/ecopreneur/article/view/677
10.2345/e12.v3i1.677 |
|
Source |
Ecopreneur.12; Vol 3, No 1 (2020): April 2020
Ecopreneur.12; Vol 3, No 1 (2020): April 2020 2615-6237 2614-3968 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/ecopreneur/article/view/677/542
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Ecopreneur.12 : Journal Economic and Business
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|