Model Inovasi Produk Perbankan Syariah di Indonesia
Economica: Jurnal Ekonomi Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Model Inovasi Produk Perbankan Syariah di Indonesia
|
|
Creator |
Apriyanti, Hani Werdi
|
|
Subject |
Inovasi Produk Perbankan Syariah; WGPS; Stabilitas Keuangan; Aktivitas Inovasi
|
|
Description |
Sharia banking faces various challenges in order to reach market share both sharia banking and the other one. The sharia banking industry in Indonesia must take competitive advantage through product innovation. This research suggests conceptual model product innovation for sharia banking industry using the opportunity of global sharia economic development and the international trust in Indonesia. Product innovation for sharia banking can achieved by strengthening Sharia Banking Working Group, sharia compliance, financial stability, product innovation activity. This model expected to encourage market expansion both domestically and abroad. It’s achieved by providing a variety of products that are closer and accepted by the community, with products that have a high social attachment (close to the society).Perbankan syariah saat ini dihadapkan pada persaingan yang ketat dalam meraih pangsa pasar, baik persaingan antara bank syariah dengan bank konvensional maupun antarsesama bank syariah. Oleh karena itu, perbankan syariah harus memiliki keunggulan kompetitif dengan melakukan inovasi produk. Penelitian ini mengusulkan model inovasi produk dengan memanfaatkan peluang pesatnya perkembangan ekonomi syariah global dan membaiknya kepercayaan dunia internasional terhadap ekonomi Indonesia dengan dukungan penguatan Working Group Perbankan Syariah (WGPS), pemenuhan ketentuan syariah (sharia compliance), pencapaian stabilitas keuangan, serta peningkatan dalam aktivitas inovasi produk. Model yang diusulkan diharapkan dapat mendorong perluasan pasar perbankan syariah baik di dalam negeri maupun luar negeri dengan menyediakan beragam produk yang lebih dekat dan diterima masyarakat. Perbankan syariah diharapkan melakukan inovasi produk yang memiliki kelekatan sosial tinggi (dekat, dapat diterima, serta sesuai dengan preferensi masyarakat).
|
|
Publisher |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2018-07-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/economica/article/view/2053
10.21580/economica.2018.9.1.2053 |
|
Source |
Economica: Jurnal Ekonomi Islam; Vol 9, No 1 (2018); 83-104
2541-4666 2085-9325 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/economica/article/view/2053/1719
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Economica: Jurnal Ekonomi Islam
http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|