Record Details

BIAS GENDER DALAM VERBA: Sebuah Kajian Leksikon dalam Bahasa Inggris

Sawwa: Jurnal Studi Gender

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title BIAS GENDER DALAM VERBA: Sebuah Kajian Leksikon dalam Bahasa Inggris
 
Creator Setiyaningsih, Sri Isnani
 
Subject bias; gender; leksikon; verba bahasa Inggris
 
Description Kajian gender merupakan analisis yang digunakan dalam me­nempat­kan posisi setara antara laki-laki dan perempuan untuk mewujudkan tatanan masyarakat sosial yang lebih egaliter. Tulisan ini akan mem­bahas bias gender dari sisi bahasa, karena bahasa telah mewakili sistem kehidupan masyarakat. Kemungkinan besar setiap bahasa mempunyai sisi-sisi bias gender, tidak terkecuali bahasa Inggris, dimana jenis masyarakat dalam kenyataan hidup lebih diwakili oleh kaum laki-laki dan perempuan. Bias gender pada bahasa ini lebih difokuskan pada ranah verba (kata kerja/yang menunjukan aktivitas) dalam sistem leksikon dengan melihat bagaimana struktur kosakata bahasa Inggris tersusun dalam mensimbolkan keberadaan dua jenis kelamin dan hubungan keduanya. Bias gender pada kategori ini dapat dilihat dalam empat bentuk, yaitu (1) aktivitas yang secara tradisional dianggap layak dilakukan oleh gender tertentu, (2) aktivitas yang secara tradisional biasa dilakukan oleh gender tertentu, (3) aktivitas yang memang dilakukan gender tertentu demi gender lain, dan (4) aktivitas yang secara kodrati hanya bisa dilakukan gender tertentu dan aktivitas yang mendeskreditkan atau bermakna negatif pada gender tertentu
 
Publisher Pusat Studi gender dan Anak (PSGA) Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2015-10-07
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/sawwa/article/view/1445
10.21580/sa.v11i1.1445
 
Source Sawwa: Jurnal Studi Gender; Vol 11, No 1 (2015): Oktober 2015; 25-50
2581-1215
1978-5623
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/sawwa/article/view/1445/1068
 
Rights http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0