Record Details

Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Membaca Al Qur’an tentang Perintah Menjaga Kelestarian Alam Melalui Teknik Mind Mapping pada Siswa Kelas XI IPS2 SMA 1 Cepiring Semester 2 Tahun Pelajaran 2015-2016

Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Membaca Al Qur’an tentang Perintah Menjaga Kelestarian Alam Melalui Teknik Mind Mapping pada Siswa Kelas XI IPS2 SMA 1 Cepiring Semester 2 Tahun Pelajaran 2015-2016
 
Creator Aliyah, Siti
 
Subject Education
Mind mapping; aktivitas belajar dan hasil belajar membaca Al Qur’an; Mind mapping; activity learning and results learning to read the Qur’an
Methode
 
Description This study aim to know what the using of mind mapping learning model canimprove the activity and outcomes of learning of reading the Qur'an class XI SMAN IPS2 1 Cepiring Kendal in the academic year 2015/2016. This study design using classroom action research (Class Research and Development). Depending on the action, it can be concluded that: Using learning model mind map / mind mapping can improve learning outcomes recitation class XI student of SMAN 1 Cepiring IPS2 Kendal in academic year 2015/2016 from pre-conditions that they have not been able reading makhroj aspect, tajwid fluently to be able makhroj, tajweed and tartil fluently. Average value learning and reading outcomes also increased 70.52 into 86.88.AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui pemanfaatanmodel pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasilbelajar membaca Al Qur’an siswa kelas XI IPS2 SMA 1 Cepiring KabupatenKendal tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan desainPenelitian Tindakan Kelas (Class Research and Developement). Berdasarkantindakan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: Pemanfaatan modelpembelajaran peta pikiran/mind mapping dapat meningkatkan hasil belajarmembaca Al Qur’an siswa kelas XI IPS2 SMAN 1 Cepiring KabupatenKendal tahun pelajaran 2015/2016 dari kondisi awal belum mampumembaca dengan aspek makhroj, tajwid dan fasih-tartil secara baik dan benarmenjadi mampu membaca dengan aspek makhroj, tajwid dan fasih-tartil.nilai Nilai rata–rata hasil belajar membaca juga mengalami peningkatan darikondisi awal rata-rata hasil belajar membaca 70,52 menjadi 86,88. 
 
Publisher FITK UIN Walisongo
 
Contributor
 
Date 2017-06-10
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
research and developement
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/Hasil%20Belajar
10.21580/nw.2017.11.1.1320
 
Source Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 11, No 1 (2017): Pendidikan Anak; 43 - 66
2502-8057
1979-1739
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/Hasil%20Belajar/pdf
 
Rights Copyright (c) 2017 Nadwa
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0