Record Details

Menentukan Variabel Prediktor bagi Kinerja Guru PAI

Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Menentukan Variabel Prediktor bagi Kinerja Guru PAI
 
Creator Ikhrom, Ikhrom
 
Subject supervision; compensation; competence; motivation; supervisi; kompensasi; kompetens; motivasi
 
Description This paper attempts to analyze the influence of supervision of Islamic Education (PAI), compensation, competence, and motivation to work on PAI teacher performance. The result of multiple linear regression analysis concluded that all four aspects are jointly significant affect the performance of teachers PAI. Partial regression test results explained that the supervision and competence of significant influence while compensation and motivation influenced but not significant. Based on the model test found that supervision direct impact on performance. Supervision has a direct influence scores greater than the indirect effect. Compensation does not affect the performance directly but through the direct influence of motivation because scores compensation is smaller than the indirect effect. Competence directly influence performance significantly due to the direct influence of competence scores greater than the indirect effect scores. AbstrakTulisan ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh supervisi pengawas PAI, kompensasi, kompetensi, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru PAI. Hasil uji analisis regresi linier berganda disimpulkan bahwa keempat aspek tersebut secara bersama-sama berpengaruh secara siginifikan terhadap kinerja guru PAI. Hasil uji regresi secara parsial menjelaskan bahwa supervisi dan kompetensi berpengaruh signifikan, sementara kompensasi dan motivasi berpengaruh tetapi tidak signifikan. Berdasar pada uji model ditemukan, bahwa supervisi pengawas berpengaruh secara langsung terhadap kinerja. Supervisi memiliki skor pengaruh langsung lebih besar dari skor pengaruh tidak langsung. Kompensasi berpengaruh terhadap kinerja secara tidak langsung tetapi melalui motivasi karena skor pengaruh langsung kompensasi lebih kecil dari pengaruh tidak langsung. Kompetensi berpengaruh langsung terhadap kinerja secara signifikan karena skor pengaruh langsung kompetensi lebih besar dari skor pengaruh tidak langsung. 
 
Publisher FITK UIN Walisongo
 
Contributor
 
Date 2014-04-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/594
10.21580/nw.2014.8.1.594
 
Source Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 8, No 1 (2014): Kepribadian Anak; 57 - 74
2502-8057
1979-1739
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/594/540
 
Rights Copyright (c) 2016 Nadwa